Jumat, 12 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pelarian Kawanan Pembobol Toko Seluler di Pohuwato Berakhir di Makassar

Oleh Admin Hargo , dalam Metropolis , pada Minggu, 17 Juli 2022 | 20:05 Tag: , , , ,
  Ilustrasi.

Hargo.co.id, GORONTALO – Kawanan pembobol toko seluler di Marisa, Pohuwato beberap pada Ahad (10/7/2022) akhirnya berhasil diringkus polisi. Ahmad Siraid (34), Muhammad Subair (42) dan Yones (45), yang dicurigai sebagai pelaku pencurian yang terjadi di Gorontalo beberapa waktu lalu, terlihat pasrah saat sejumlah anggota Unit Jatanras Polrestabes Makassar menangkap ketiganya saat baru tiba di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Ahad (17/7/2022). 

Informasi yang dirangkum, meski berupaya mengelabui petugas dengan membaur bersama para penumpang kapal lainya, keberadaan ketiga pelaku sudah tercium petugas. Beberapa anggota unit Jatanras Polrestabes Makassar pun disiagakan menunggu kedatangan Ahmad Siraid (34), Muhammad Subair (42), dan Yones (45), yang menumpangi KM Nggapulu, di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. 

Tak menunggu waktu lama, ketiganya pun langsung diringkus saat hendak turun dari kapal. Meski sempat menghindar dari kejaran petugas, ketiga pelaku akhirnya menyerah tanpa perlawanan. Sejumlah barang bukti berupa handphone berbagai merek pun disita. Saat penangkapan, sebagaimana disampaikan Kanit Kata lantas Polrestabes Makassar, Iptu Hamka, ketiganya mengaku akan menjual hasil curiannya tersebut di Kota Makassar dengan harga yang lebih murah. 

Kawanan ini melarikan diri dari Pohuwato menuju Kendari, Sulawesi Tenggara dengan menumpang mobil sewa. Selanjutnya, dari Kota Kendari naik KM Nggapulu menuju Kota Makassar.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Pohuwato, Iptu Arie Agustyanto Yoss,  membenarkan penangkapan pelaku pencurian di salah satu toko handphone di Pohuwato itu. 

“Untuk detailnya kita belum bisa kasih banyak komentar. Tapi untuk tersangkanya benar sudah diamankan, dan saat ini kita masih terus kumpulkan barang bukti karena banyak. Nanti bila ada perkembangan lebih lanjut nanti kita infokan,” ungkapnya saat dihubungi, Ahad (17/7/2022). 

Pihak kepolisian, lanjut Iptu Arie, belum bisa memastikan jika para pelaku merupakan sindikat pencurian spesialis yang menyasar di beberapa toko di Gorontalo. Hanya saja dirinya membenarkan jika selain di Pohuwato, para pelaku juga melancarkan aksinya di Kota Gorontalo. 

“Kalau TKP nya sementara ini yang kita tahu baru di Pohuwato sama Kota, hanya saja untuk TKP Kota pun detailnya nanti besok. Kalau dibilang pelakunya sindikat, kalo untuk itu kita juga belum tahu, besok mungkin akan ada pres conference terkait penangkapan ini,” tambahnya. 

Ketiga pelaku pun, tambah mantan Kanit II Sat Narkoba Polres Cilegon itu saat ini masih diamankan di Polrestabes Makassar, sembari dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

“Pelaku masih disana. Kalau suda cukup semua keperluan pemeriksaan disana ya kita bawa ke Gorontalo secepatnya,” imbuhnya. (***)

 

Penulis: Ryan Lagili

(Visited 303 times, 1 visits today)

Komentar