Jumat, 12 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pelatihan Kepemimpinan Penting bagi Birokrasi 

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Selasa, 28 Juni 2022 | 00:05 Tag: ,
  Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer bersama 12 peserta terbaik yang mengikuti PKA Angkatan I pada acara penutupan pelatihan yang berlangsung di BPSDM, Senin (27/06/2022). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Pendidikan dan pelatihan bagi aparatur sangat penting untuk memproduksi birokrasi yang profesional dan kompeten. Pelatihan harus dilakukan di semua tingkatan secara regular agak tidak ada jarak kepemimpinan di tubuh birokrasi.

Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer mengatakan hal tersebut saat memberikan sambutan dalam acara penutupan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Gorontalo, Senin (27/06/2022).

Dirinya juga mengingatkan kepada peserta PKA untuk menjaga jarak dari politisasi birokrasi. Terlebih saat ini sedang dalam masa transisi politik pemilu 2024.

“Birokrasi harus profesional dan akuntabel. Dalam artian, birokrasi harus menjaga jarak dengan politisasi ASN. Jadilah birokrasi profesional yang tunduk dan patuh pada peraturan yang ada. Jika kita on the track insyaallah bapak ibu sekalian bisa jadi pemimpin selanjutnya di Provinsi Gorontalo,” Kata Hamka Hendra Noer. 

Dirinya juga berpesan kepada Sekretaris Daerah untuk tidak mutasi 35 pejabat administrator yang mengikuti PKA. Mereka bertanggung jawab terhadap aksi perubahan yang sudah dirancang dan harus selesai sesuai dengan target yang ada.

“Saya titip pesan, jangan dipindah dulu Pak Sekda, karena ukurannya nanti akan kesulitan. Percuma dia buat aksi perubahan tapi sudah dipindah. Tolong dicermati betul, jangan dipindah dulu. Selesaikan dulu komitmen tentang aksi perubahan yang bapak buat,” pesannya.

Dalam kegiatan tersebut,Hamka Hendra Noer juga memberikan  hadiah bukunya bagi peserta terbaik Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I. Buku Ketidaknetralan Birokrasi Indonesia diserahkan kepada 12 peserta terbaik 35 pejabat administrator yang mengikuti PKA.

“Tolong dibaca buku saya. Nanti kasih comment pak, karena ini disertasi saya dan ini lulus sangat memuaskan. Di Gramedia banyak yang cari sudah habis. Minta dicetak lagi, saya bilang cukup. Ini saya beri gratis,” kata Hamka Hendra Noer. (***) 

 

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 22 times, 1 visits today)

Komentar