Rabu, 16 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pelayanan Publik Masih Rendah, Ini Kata Sekda Gorontalo Utara

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Jumat, 4 Juni 2021 | 04:05 WITA Tag:
  Rapat bersama dengan Ombudsman tentang penilaian standar pelayanan publik yang diikuti langsung oleh Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin, Rabu (02/06/2021). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Rendahnya penilaian tentang pelayanan publik, memantik reaksi dari Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara (Gorut), Ridwan Yasin. Menurutnya, tidak ada yang susah untuk memperbaiki, hanya political will dari pimpinan yang dilakukan secara berjenjang.

“Bagaimana memacu pelayanan publik, tidak yang susah. Hanya political will dari pimpinan. Pimpinan berjenjang ke bawah dari bupati sampai pejabat yang membidangi, semua harus berkomitmen,” tegasnya.

Apa yang disampaikan Ridwan Yasin tersebut tak lepas dari penilaian dari Ombudsman terhadap penilaian publik 2019 yang dilakukan pada 2020, dan untuk penilaian tahun 2020 akan dilakukan pada Juni 2021. Dari hasil penyampaian Ombudsman, kata Ridwan Yasin, Gorontalo Utara stugnan pada posisi kuning, yang menandakan bahwa nilainya masih kurang. 

“Hasil penilaian tersebut merupakan wajah Gorontalo Utara atas penyelenggaraan pemerintahan. Ketika kita telah melaksanakan atau memberikan pelayanan terbaik, maka 75 persen melaksanakan good governance dan clean governance,” jelas Ridwan Yasin.

Disisi lain, Ridwan Yasin mengingatkan kepada 8 OPD yang harus dapat meningkatkan kinerja mereka terkait dengan pelayanan publik. 

“Walaupun memang tidak semua 8 OPD tersebut yang nilainya rendah, karena ada beberapa OPD yang nilainya sudah menuju kearah peningkatan,” katanya.

Olehnya pelaksanaan pemerintahan daerah ini terus dikawal oleh masyarakat dan jangan segan untuk memberikan masukan karena masukan tersebut merupakan teguran sehingga teguran itu merupakan bentuk peringatan bukan untuk mencibir atau merendahkan. (abk/adv/hargo)

BACA  Gorontalo Utara Diharapkan Jadi Sentra Bibit Jagung

Komentar