Selasa, 24 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Peluang Bisnis Umrah Sangat Terbuka

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi , pada Senin, 27 Februari 2017 | 10:41 Tag: ,
  

GORONTALO -hargo.co.id- Seiring meningkatnya perekonomian daerah membuat bisnis travel umrah masih sangat terbuka di provinsi Gorontalo. Bagaimana tidak, minat masyarakat Gorontalo untuk menjalankan ibadah di tanah suci Mekah.

diakui cukup besar dan dilain pihak biro pejalanan yang menyediakan perjalanan ibadah umrah masih terbilang sedikit.Dari catatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Gorontalo.

saat ini baru ada 1 kantor cabang dan 17 kantor perwakilan yang menjalankan bisnis perjalanan ibadah umrah sebagai alternatif tingginya daftar tunggu ibadah haji di Gorontalo yang mencapai 13 tahun.

Dan di Provinsi Gorontalo sendiri, baru satu penyelenggara perjalanan ibadah umrah yang memiliki izin resmi dari pemerintah. Bahkan, jika melihat skala regional untuk pulau Sulawesi, hanya travel penyelenggaraan ibadah umrah di Sulawesi Selatan (Sulsel).

dan Gorontalo saja yang sudah memiliki izin resmi dari pemerintah.”Di Makassar itu ada sekitar 20-an. Kalau di Gorontalo, baru kami yang memiliki izin dari pemerintah,” ungkap Komisaris PT RIM Tour & Travel, Faisal Lahay, ketika diwawancarai Gorontalo Post, usai launching perdana, belum lama ini.

Pangsa pasar bisnis perjalanan umrah ini, lanjutnya, masih cukup besar. Olehnya, setelah PT RIM Tour & Travel di launching, pihaknya akan terus melebarkan sayap bisnisnya hingga ke beberapa daerah tetangga seperti di Sulawesi Utara (Sulut) dan Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Kami juga sudah memiliki perwakilan di Jakarta,” ungkapnya Sementara itu, Direktur Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kemenag RI, Muhajirin Yanis, menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati memilih biro perjalanan umrah.

Menurut Muhajirin, pilihlah biro perjalanan yang memiliki 5 Pasti; yakni Pasti Izinnya, Pasti Terbangnya, Pasti Harganya, Pasti Hotelnya dan Pasti Visanya, “Jadi 5 Pasti itu ada di websitenya Kemeng RI. Nanti sebelum memilih, bisa di cek di aplikasinya, bahkan lewat smartphone juga bisa. Semuanya ada disitu,” pungkasnya.(axl/hg)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar