Sabtu, 3 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemanasan Asian Games 2018, Tim Voli Indonesia Janji Tampil Serius

Oleh Aslan , dalam Sportivo , pada Jumat, 21 Juli 2017 | 03:00 Tag: , ,
  

Hargo.co.id – Indonesia tak mau sekadar numpang lewat di turnamen 19th Asian Senior Men’s Volleyball Championship 2017. Sebab, event yang digelar di GOR Tri Dharma komplek Petrokimia dan GOR Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) Gresik, 24 Juli – 1 Agustus ini layak disebut sebagai pemanasan sebelum Asian Games 2018.

Asian Senior Men’s Volleyball Championship adalah pertemuan negara-negara kuat di cabor bola voli. Ada 16 negara yang akan ambil bagian di turnamen ini. Mereka terbagi dalam empat grup. Delapan tim di antaranya adalah mereka yang lolos ke perempat final pada edisi sebelumnya. Sedangkan tujuh negara lain dipilih melalui proses kualifikasi. Plus satu negara yang bertindak sebagai tuan rumah.

Indonesia sebagai tuan rumah akan menempati Grup A bersama Qatar, Kazakhstan dan Arab Saudi. Grup B berisi juara bertahan Iran, Taipe, Pakistan dan Iraq. Lalu di Grup C ada Jepang, Korea, Vietnam dan Srilangka. Sedangkan Grup B berisi Australia, China, Thailand serta Hongkong.

Indonesia janji tampil serius di ajang ini

Indonesia janji tampil serius di ajang ini (M. Syafaruddin/JawaPos.com)

Juara dan runner-up di turnamen ini berhak menjadi wakil Asia di Kejuaraan Dunia. Satu poin yang tak kalah menarik adalah event ini merupakan ajang pemanasan sebelum digelarnya Asian Games di Jakarta 2018 nanti.

“Ke-16 negara yang mengikuti turnamen ini adalah kandidat peserta Asian Games 2018 mendatang. Jadi mereka melakukan uji coba di Gresik untuk persiapan tahun depan,” ucap Ketua Panitia Penyelenggara Heyzer Harsono Kamis (20/7) sore.

Sebagai tuan rumah, Indonesia tak mau sekadar meraih sukses penyelenggaraan. Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo memasang target delapan besar untuk tim bola voli putra. Imam menjelaskan, dirinya tak mau over confidence dengan membidik gelar juara di kandang sendiri. Sebab lawan yang dihadapi Indonesia adalah negara-negara kuat.

“Makanya kami berharap bisa menang di babak grup. Paling tidak bisa gabung di delapan besar. Kalau delapan besar di turnamen ini tercapai, mudah-mudahan medali emas juga tercapai di SEA Games Kuala Lumpur,” harap Imam saat ditemui di Surabaya

Tak mengherankan bila Indonesia memanfaatkan kejuaraan ini sebagai ajang pemanasan sebelum SEA Games. Sebab ada dua negara asal Asia Tenggara yang berpartisipasi di Asian Senior Men’s Volleyball Championship 2017. Kedua negara itu adalah Thailand dan Vietnam. Bak menyelam minum air, Indonesia bisa memantau kekuatan kompetitornya itu di Kota Giri.

“Saya yakin Thailand dan Vietnam akan menurunkan tim nasionalnya. Karena grade kejuaraan ini jauh di atas SEA Games. Sehingga mereka akan habis-habisan di sini. Apalagi jika masuk delapan besar mereka bisa mengunci tiket turnamen ini untuk dua tahun depan,” jelas Ketua V Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP PBVSI Hanny S. Surkatty kepada JawaPos.com. (hg/saf/JPC)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar