Jumat, 29 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pembahasan KUA-PPAS dan APBD, Ini Fraksi Nasdem Inginkan

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Kamis, 30 September 2021 | 00:05 AM Tag: , ,
  Ketua Fraksi Nasdem Jarwadi Mamu saat menyerahkan pandangan umum fraksi kepada pimpinan DPRD, Selasa (28/09/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Gorontalo, Jarwadi Mamu, memintakan pada pemerintah daerah untuk konsisten dan ketetapan waktu serta jadwal. Ini terkait dengan pembahasan KUA-PPAS dan APBD antara pemerintah daerah dan DPRD yang selama ini selalu terlambat. 

Hal ini diungkapkan oleh Jarwadi Mamu saat paripurna tingkat l rancangan peraturan daerah (Ranperda) APBD Perubahan 2021, Selasa (28/09/2021) digelar. Pada pandangan fraksi, Jarwadi Mamu mengatakan, ada beberapa hal yang ingin ditekankan oleh Fraksi Nasdem. Antara lain Fraksi Nasdem meminta konsistensi dan ketepatan waktu, serta jadwal pembahasan antara pemerintah daerah dan DPRD yang selama ini selalu terlambat dan tidak sesuai dengan jadwal yang seharusnya. 

“Contoh paling dekat adalah tentang KUA-PPAS kemarin, yang pembahasannya sangat terlambat. Jangan sampai ini akan terulang, karena yang terjadi jika pembahasannya terlambat yang ada justru tidak akan maksimal, bahkan akan ada yang terlewati pembahasannya,” ungkap Jarwadi Mamu.     

Selanjutnya, Fraksi Nasdem berharap, tentang masalah refocusing anggaran yang seharusnya difokuskan untuk penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Gorontalo. 

“Berdasarkan pantauan di lapangan kami melihat banyak penggunaan anggaran yang belum menyentuh secara tepat kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 Khususnya di Kabupaten Gorontalo,” jelas Jarwadi Mamu. 

Fraksi Nasdem juga menyoroti tentang persoalan Dana PEN yang dinilai penggunaannya masih banyak yang belum tepat sasaran. Baginya, seharusnya Dana PEN digunakan untuk Pemulihan Ekonomi namun nyatanya di lapangan ditemui justru digunakan untuk infrastruktur yang tidak ada dampaknya untuk pemulihan ekonomi. 

Selain itu paling terakhir dan yang paling penting adalah Fraksi Nasdem meminta untuk dilakukan evaluasi kembali tentang penggunaan dana PEN yang akan menjadi beban keuangan daerah yang kedepan. Harus ditanggung bersama terutama oleh rakyat Kabupaten Gorontalo.  

“Kami ingin menyampaikan, bahwa Fraksi Nasdem akan terus menjadi mitra dan akan memberi masukan dan kritik yang objektif atas segala kebijakan yang tidak pro terhadap rakyat. Juga Fraksi Nasdem akan sangat mendukung 1.000 persen segala kebijakan yang pro terhadap rakyat Kabupaten Gorontalo yang kita cintai. Akhirnya, kami Fraksi Nasdem, menerima dan dengan catatan-catatan tersebut di atas untuk diperhatikan oleh pemerintah daerah,” kunci Jarwadi Mamu. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 17 times, 1 visits today)

Komentar