Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pembahasan LKPJ Tuntas, Pansus DPRD Beri Catatan 

Oleh Jamal De Marshall , dalam Legislatif , pada Jumat, 16 April 2021 | 14:05 WITA Tag:
  Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Gorontalo, Ali Polapa


Hargo.co.id, GORONTALO – Setelah melalui perdebatan panjang kurang lebih dua pekan, dengan melakukan pengkajian yang matang bersama dengan OPD dan juga dengan tim ahli DPRD, akhirnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) melalui panitia khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati tahun 2020 telah selesai menuntaskan pembahasan.  

 Ketua Pansus LKPJ, Ali DJ Polapa menyampaikan semua sudah tuntas dengan organisasi perangkat daerah (OPD) dan rekomendasi yang akan dibuat oleh DPRD sudah siap tinggal dikonsultasikan dengan pimpinan dan kapan paripurna internalnya akan dilaksanakan menunggu hasil dari pimpinan DPRD.  

“Saya sebagai ketua pansus tinggal melapor ke pimpinan dan rekomendasi yang dimasukkan dari semua fraksi sudah sesuai dengan keinginan fraksi masing-masing dan tinggal menunggu koordinasi dari pimpinan DPRD,” ungkap Ali. 

Lanjut dikatakan Aleg tiga periode ini  sebagai ketua pansus telah melakukan tugas sesuai mekanisme dewan dengan melakukan evaluasi kinerja pembangunan selama satu tahun, perlu disampaikan bahwa untuk LPKJ 2020 sudah tuntas pembahasannya dengan seluruh OPD,  pansus LKPJ juga memberikan sejumlah catatan rekomendasi. Namun, Ali tidak menyebutkan nama-nama OPD penerima rekomendasi. Belum bisa menyebutkan jumlah rekomendasi, tapi disesuaikan per masing-masing OPD biar jelas rujukannya kemana. 

“Tentu kalau OPD memiliki capaian bagus tidak mungkin diberikan rekomendasi dan begitu juga sebaliknya jika program kinerja dibawah, maka mendapatkan rekomendasi dan ada hal-hal yang sangat krusial di OPD tersebut misalnya yang sifatnya sangat dibutuhkan itu juga dimasukkan dalam rekomendasi, misalnya seperti di Dinas Sosial ada hal yang sangat dibutuhkan seperti pengadaan server dukungan pendataan dan juga di Capil itu yang sangat dibutuhkan dan itu kita tuangkan dalam rekomendasi,” jelas Aleg dapil Batudaa cs ini.

Selanjutnya, hasil dari pembahasan dan rekomendasi Pansus LKPJ dikonsultasi ke pimpinan DPRD untuk menentukan kapan paripurna internal dilaksanakan.  

“Artinya saya sebagai Ketua Pansus LKPJ tinggal melapor kepada pimpinan. Hasil rekomendasi yang kita buat pun sesuai keinginan masing-masing fraksi. Jika tidak ada aral melintang pekan depan paripurna secara internal dilaksanakan,” pungkas Ali. (wie/adv/hargo)

BACA  Nelayan Diharap Memberi Informasi yang Akurat

Komentar