Kamis, 2 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pembangunan Daerah Harus Disesuaikan Visi Misi

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Selasa, 16 November 2021 | 12:05 PM Tag: , ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Deasy S.M Datau

Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Deisy S.M. Datau mengingatkan agar program pembangunan daerah agar sesuai dengan visi misi pemerintahan. Tentu harus dapat memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan mendesak masyarakat.

“Memang dalam pelaksanaan pembangunan daerah, secara teknis ada di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sehingga setiap OPD juga harus dapat mengimplementasikan apa yang menjadi visi misi dari pemerintah saat ini,” kata Deisy S.M. Datau.

Makanya, dalam penyusunan program pembangunan setiap tahun anggaran, harus ada capaian targetnya. Sehingga periode pemerintahan yang ada saat ini, visi dan misinya dapat dilaksanakan secara maksimal.

Bagi Deisy S.M. Datau, apa yang disampaikan ini bukanlah sebuah candaan kepada OPD. Alasanya, karena diketahui bahwa OPD pasti lebih mengetahui dengan pasti soal apa yang harus dilaksanakan. 

“Hanya saja semuanya harus terukur. Ada target setiap tahun terhadap apa yang akan dilaksanakan. Sehingga apa yang akan dicapai, secara sistematis mulai terpenuhi dari tahun ke tahun anggaran,” tegasnya.

Jika pelaksanaannya dilakukan secara sistematis dan berjenjang, tentu tidak akan ada yang harus dilakukan berulang. Selain itu juga kata Deisy S.M. Datau, terhadap perencanaan juga harus dilakukan secara matang. 

“Mulai dari perencanaan awal hingga pelaksanaan dan asas manfaat serta resiko apa yang menyertainya termasuk resiko alam itu juga harus dilakukan secara maksimal,” ujarnya.

Agar nantinya seperti fasilitas umum yang akan digunakan oleh masyarakat dapat termanfaatkan secara maksimal. 

“Jangan sampai ketika dibangun, ternyata ada hal lain lagi yang harus dipenuhi terkait dengan pembangunan yang telah dilaksanakan” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 16 times, 1 visits today)

Komentar