Senin, 24 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pembangunan Harap Perhatikan Lahan, Ada Ketentuan yang Mengatur 

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Rabu, 27 Oktober 2021 | 12:05 PM Tag: , , ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Desy Sandra Maryana Datau

Hargo.co.id, GORONTALO – Pembangunan daerah diharapkan untuk dapat memperhatikan lahan yang akan digunakan. Artinya, lahan yang digunakan tersebut apakah masih produktif atau lahan yang sudah tidak difungsikan lagi.

Ini ditegaskan Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Deisy S.M Datau saat berbincang dengan awak media ini, mengatakan bahwa untuk rencana pembangunan daerah harus memperhatikan segala hal. 

“Dalam artian aspek lingkungan, lahan dan lainnya harus diperhatikan. Khusus untuk lahan itu yang paling penting,” ungkapnya.

Kenapa lahan harus menjadi perhatian? Deisy S.M Datau mengatakan bahwa dari beberapa pembangunan yang dilaksanakan di Gorontalo Utara, ada beberapa yang dibangun di atas lahan yang masih produktif, seperti areal persawahan. 

“Harusnya ketika lahan yang digunakan masih produktif, maka harus disediakan lahan pengganti dan itu ada aturannya,” kata Deisy S.M Datau.

Misalnya untuk areal persawahan yang dilengkapi irigasi. Itu lahan penggantinya harus 3 (tiga) kali lipat dari yang digunakan. 

“Jika ini tidak dilaksanakan, maka dapat dipastikan satu saat nanti areal persawahan misalnya akan menjadi berkurang dan hilang ketika tidak dilakukan ganti lahan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Begitu juga dengan jenis lahan lainnya yang aturan dan ketentuan untuk penggantinya diatur juga. 

“Olehnya hal seperti ini diharapkan untuk dapat menjadi perhatian bersama dan saling mengingatkan antara satu dengan lainnya agar pelaksanaan pembangunan tetap berjalan, sementara untuk kesinambungan lahannya tetap terjaga juga,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 36 times, 1 visits today)

Komentar