Senin, 18 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pembangunan Harus Perhatikan Dampak Lingkungan

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo , pada Jumat, 15 Oktober 2021 | 06:05 AM Tag: ,
  FGD yang diselenggarakan oleh Presidium Nasional (Presnas) Pembentukan Provinsi Gorontalo di rumah pribadi Nelson Pomalingo, Rabu (13/10/2021). (Foto: Sucipto Mokodompis/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menegaskan agar setiap pembangunan yang ada di daerah itu tetap memperhatikan dampak terhadap lingkungan. Hal tersebut harus menjadi perhatian mengingat dampak negatif yang ditimbulkan.

Dirinya menjelaskan, Pembangunan yang tidak memperhatikan lingkungan bisa menimbulkan bencana alam yang sangat merugikan. Padahal, kata dia, tujuan pembangunan adalah untuk mengembangkan daerah.

“Sejak awal saya menjabat, saya selalu sampaikan tentang hal ini,” kata Nelson Pomalingo usai membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Presidium Nasional (Presnas) Pembentukan Provinsi Gorontalo di rumah pribadinya, Rabu (13/10/2021).

“Beberapa tahun kemarin, 12 dari 19 kecamatan mengalami bencana banjir. Kerugian negara mencapai Rp 500 miliar. Bayangkan jika setiap dua tahun sekali terjadi banjir begitu. Tak ada gunanya kita membangun,” Sambungnya.

Jumlah kerugian negara tersebut, kata Nelson Pomalingo, bukan angka yang sedikit, sehingga hal ini harus menjadi perhatian semua pihak, bukan hanya di tingkat Kabupaten tapi juga di tingkat Provinsi. Oleh karena itu, kata dia,  Presnas Centre menggelar FGD terkait hal itu.

Lebih lanjut Nelson Pomalingo mengatakan, Selaku Dewan Pembina Presnas, dirinya menilai pembangunan lingkungan ini menjadi salah satu hal penting dalam mewujudkan Gorontalo Emas 2045. Presnas sudah beberapa kali melakukan FGD yang berkaitan dengan target provinsi Gorontalo pada 2045 tersebut.

“Ini adalah diskusi fokus yang ke empat setelah sebelumnya kita melakukan FGD terkait kesehatan,  pendidikan dan infrastruktur. Pekan depan ekonomi. Jadi, pertanian, peternakan, perikanan dan lain lain kita kumpul. Setelah itu kita bahas lagi kebudayaan. Totalnya ada 13 sektor,” Ungkapnya

Dirinya berharap, pada bulan Desember nanti, Roadmap pembangunan Gorontalo 2045 sudah selesai. Roadmap tersebut nantinya akan diserahkan ke seluruh putra daerah Gorontalo yang ada di Eksekutif.

“Sehingga Roadmap pembangunan Gorontalo ini, baik jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang akan selesai pada Desember nanti yang kemudian akan kami serahkan ke seluruh eksekutif, baik yang ada di dalam maupun di luar daerah, bila perlu, kita serahkan juga ke Presiden RI,” tandasnya.(***)

 

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 12 times, 1 visits today)

Komentar