Senin, 29 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pembangunan Rumah Sakit Perlu Dukungan Tenaga Medis

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Kamis, 21 Oktober 2021 | 08:05 AM Tag: , , ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Rahmat Rahman

Hargo.co.id, GORONTALO – Rencana pembangunan rumah sakit bukan serta merta harus dilakukan ketika anggaran sudah ada. Namun, penting untuk diperhatikan yakni dukungan tenaga medis yang nantinya akan diplot ke rumah sakit tersebut.

Ini diungkapkan Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Rahmat Rahman dalam menanggapi rencana pemerintah membangun rumah sakit di Tolinggula. Pasalnya, mempersiapkan tenaga medis menjadi salah satu langkah awal sebelum membangun rumah sakit. 

“Pemenuhan tenaga medis saat ini masih menjadi sebuah kendala. Baik itu tenaga dokter yang ada di Puskesmas, maupun yang ada di rumah sakit yang hingga saat ini belum maksimal,” kata Rahmat Rahman.

Dirinya menambahkan bahwa semua daerah pasti senang ketika mendapat sokongan anggaran, guna menambah fasilitas kesehatan. Apalagi kondisi alam Gorontalo Utara yang jaraknya yang mana Tolinggula cukup jauh dari Kwandang, sehingga membutuhkan fasilitas kesehatan yang memadai.

“Namun demikian, kegembiraan atas bantuan anggaran yang miliaran rupiah tersebut untuk membantu mendirikan fasilitas kesehatan yakni rumah sakit di wilayah perbatasan Tolinggula harus dipikirkan kembali. Banyak pertimbangan dan juga perlu didukung oleh sebuah perencanaan yang matang. 

“Bukan hanya sekedar mengejar sebuah anggaran yang pada akhirnya menjadi sebuah persoalan bagi daerah ketika berdiri,” tegasnya.

Olehnya, Rahmat Rahman berharap agar instansi teknis terkait dapat membuat planning yang matang. Tak hanya terhadap rencana pembangunan untuk memanfaatkan anggaran tersebut. 

“Namun terhadap strategi kedepannya, jangan sampai terjadi kondisi yang sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainal Umar Sidiki (ZUS). Jika demikian, sama saja dengan Puskesmas,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 31 times, 1 visits today)

Komentar