Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pembangunan Tetap Harus Jalan, Terkait Refocusing, OPD Harus Bijaksana

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Minggu, 11 April 2021 | 08:05 WITA Tag:
  Ketua DPRD Gorontalo Utara, Djafar Ismail


Hargo.co.id, GORONTALO – Terkait dengan pelayanan masyarakat terutama hal yang sifatnya penting sangatlah perlu untuk disiapkan fasilitas pendukungnya. Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Djafar Ismail.

Djafar Ismail menegaskan bahwa selain dukungan fasilitas, juga yang sangat penting yakni terkait dengan perencanaan yang juga harus matang. Sehingga dapat dilihat mana yang memang urgen dan sangat dibutuhkan dan mana yang masih dapat disiasati.

Terkait dengan 2 (dua) hal tersebut, Djafar Ismail mengimbau kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terutama OPD teknis untuk dapat melihat hal ini agar dapat dipenuhi. 

“Terutama untuk tahun anggaran 2021 ini, mana yang sifatnya urgent dan dibutuhkan secara umum abar jangan ditunda lagi pelaksanaannya, harus segera karena itu memang telah ditunggu,” ungkapnya.

Apa yang disampaikan oleh Djafar Ismail tersebut tidak terlepas dari refocusing anggaran dan juga hal lainnya yang berhubungan dengan penganggaran yang disampaikan dari pemerintah pusat. 

“Memang untuk anggaran Kabupaten Gorut masih sangat kurang, namun disisi lain terhadap edaran dari pemerintah pusat soal refocusing dan lainnya tentu juga harus dilaksanakan dan tidak boleh dikesampingkan begitu saja,” tegas Djafar Ismail.

Semuanya itu kembali lagi ke OPD masing-masing dalam mensiasati minimnya anggaran tersebut dan juga tuntutan pembangunan yang harus dilaksanakan. 

“Disini tentu harus bijaksana dan juga penuh perhitungan soal mana saja yang harus ditunda dulu atau dipotong anggarannya. Kajian secara sistematis harus dilakukan dan tidak boleh tidak, sehingga ketika anggaran dalam OPD dikurangi, namun seminimal mungkin tidak sampai mengganggu pelaksanaan program terutama program yang sifatnya prinsip dan memang dibutuhkan,” ujarnya.

Olehnya Djafar berharap agar OPD dapat sebijaksana mungkin dan mempertimbangkan berbagai aspek dalam memenuhi permintaan refocusing. (abk/adv/hargo)

BACA  Cegah Klaster Baru, Larangan Pasar Senggol Diapresiasi 

Komentar