Pemda Boalemo Mulai Galakkan ‘ASN Gerebek Sampah’ 

ASN bersama tenaga honorer ikut dalam Aksi ASN Grebek Sampah di pusat ibokota Tilamuta, Kamis (03/10/2019).(Foto Istimewa/Humas Boalemo)

Hargo.co.id, GORONTALO – Komitmen Bupati Boalemo H. Darwis Moridu menjadikan Kabupaten Boalemo bebas dari sampah kian diimplementasikan. Hal ini sebagai wujud keseriusan usai menerima penghargaan di bidang lingkungan hidup tingkat nasional 2019.

Sebagai buktinya, Pemkab Boalemo kini mulai menggalakkan program ASN Gerebek Sampah guna mewujudkan lingkungan bersih yang bebas sampah guna mendorong kesehatan masyarakat.

Kaitannya dengan komitmen lingkungan ini, maka seluruh ASN dan tenaga honorer di lingkungan Pemkab Boalemo, Kamis (03/10/2019) kemarin langsung menggelar aksi gerebek sampah di pusat ibukota yakni di Tilamuta, pusat-pusat perkantoran dan ruas jalan utama di Kecamatan Tilamuta.

Aksi ini oleh seluruh ASN dan PTT mengawali dari kawasan Desa Bajo lantas menyisir wilayah Desa Pentadu Barat, Pentadu Timur, Desa Modelomo, Desa Hungayonaa, Desa Limbato, Desa Mohungo dan berakhir di Desa Lahumbo.

Menariknya, Aksi Gerebek Sampah ini kian memantik perhatian masyarakat sekitar. Tak ketinggalan kalangan masyarakat ikut terpanggil turun bersama aparatur membersihkan dan memungut sampah yang ada di kawasan pemukiman penduduk setempat.

Bupati Boalemo H. Darwis Moridu menegaskan, aksi gerebek sampah pada dasarnya menjadi agenda rutin dilaksanakan setiap pekan. Bahkan, program ini terus dicanangkan OPD teknis yakni Dinas Lingkungan Hidup bersama unsur kecamatan dan pemerintah desa.

Termasuk pula pada kawasan wisata dan pusat-pusat pembelanjaan masyarakat. Untuk itu, kedepan, aksi grebek sampah ini akan terus digalakkan pemerintah demi terwujudnya lingkungan yang asri dan bersih.

“Gerakan ASN Gerebek Sampah ini diwajibkan juga kepada para pimpinan OPD. Untuk itu, saya berharap setiap kegiatannya diawasi ketat Sekda Boalemo bersama para asisten,” kunci bupati. (nrt/hg)

-