Minggu, 13 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemda Boalemo Target Keluarkan 20 Ribu Izin Usaha

Oleh Sunarto Nusi , dalam Advertorial Kab. Boalemo , pada Jumat, 21 Februari 2020 | 14:31 WITA
  Bupati Boalemo, Hi. Darwis Moridu memberikan arahan kepada Kadis DPM-ESDM Boalemo Haris Pilomonu di sela-sela Rakornas Investasi 2020 bertempat di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (20/02/2020). (Foto Istimewa/Humas Boalemo)


Hargo.co.id, JAKARTA – Pemda Boalemo saat ini tengah menargetkan akan mengeluarkan 20 ribu izin usaha. Itu merujuk dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2020 bertempat di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (20/02/2020).

“Saya sudah meminta kepada instansi terkait untuk segera merespon apa yang diinginkan presiden. Salah satunya mempermudah pemberian izin kepada pelaku usaha,” kata Bupati Boalemo, Darwis Moridu.

Lanjut katanya, Pemda Boalemo menargetkan izin usaha bisa mencapai 20 ribu pemilik usaha. Untuk itu, instansi terkait diharapkan dalam waktu dekat melakukan penyisiran seluruh desa di Boalemo guna mendata usaha yang belum memiliki izin agar segera dimudahkan dengan layanan gratis atau cuma-Cuma.

BACA  Draft Dikebut September, Usulan Perpres Tangani Banjir Bukan Sebatas Wacana

Rapat tersebut diselenggarakan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI itu dibuka langsung Presiden Joko Widodo. Selain bupati, hadir pula Sekda Boalemo Husain Etango didampingi Kadis DPM-ESDM, Drs. Haris Pilomonu MSi.

Sementara para pejabat tingkat pusat yang hadir diantaranya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Idham Aziz, dan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

BACA  Wagub Gorontalo Apresiasi Bantuan Siswa untuk Belajar Daring

Menurut Bupati Boalemo Darwis Moridu bersama Haris Pilomonu menjelaskan bahwa Rakornas mengambil tema Investasi untuk Indonesia Maju membedah berbagai permasalahan dihadapi pemerintah dalam upaya memfasilitasi investasi di daerah dan dirangkaikan diskusi.

Presiden Joko Widodo pada kesempatan itu menegaskan upaya penyelesaian permasalahan investasi di daerah perlu memperhatikan instruksi presiden (Inpres) Nomor 7 /2019 tentang

BACA  Sensus Penduduk, Momen yang Harus Disukseskan

Percepatan Kemudahan Berusaha. Presiden mewajibkan seluruh Menteri,Kepala Lembaga untuk mendelegasikan layanan perizinan berusaha dan fasilitas investasi ke BKPM.

Disamping itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan di daerah, baik itu Pemprov maupun Pemkab dan Pemkot ditargetkan bisa memberikan izin usaha kepada masyarakat. Seperti halnya usaha dari sembilan bahan pokok, usaha kecil dan menengah, penanaman modal atau jenis investasi lainnya. (nrt/adv/hg)


Komentar