Kamis, 17 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemda Gorontalo Utara Dapat Pendampingan dari Pemprov

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Kamis, 6 Mei 2021 | 02:05 WITA Tag: ,
  Kunjungan kerja rombongan dari Biro Ortala Setda Provinsi Gorontalo yang diterima langsung oleh Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin di ruang kerjanya. (Foto: istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Terkait dengan penerapan reformasi birokrasi, Pemda Gorontalo Utara (Gorut) mendapatkan pendampingan langsung dari Pemprov Gorontalo. Pendampingan ini dari Biro Organisasi dan Tata Laksana Setda Provinsi Gorontalo.

Alasannya, karena Gorontalo Utara mendapat nilai D untuk penerapan Reformasi Birokrasi (RB). Kendati untuk penilaian laporan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemda Gorut terbilang baik. 

Tentunya nilai atau predikat D tersebut kemudian menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi Pemda Gorontalo Utara dalam upaya mendukung terwujudnya pelayanan publik yang prima. 

Hal ini juga menjadi salah satu agenda dari kunjungan kerja Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Setda Provinsi Gorontalo ke Pemkab Gorontalo Utara dalam rangka konsolidasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi lalu. 

“Alhamdulillah, khusus Reformasi Birokrasi ini, kita mendapat masukan-masukan dari Biro Ortala Provinsi, bahwa ada hal-hal yang perlu dibenahi,” ungkap Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, usai menerima rombongan dari Biro Ortala Pemprov Gorontalo. 

Lebih lanjut dikatakan, dengan adanya pendampingan, tentu diharapkan, nantinya Reformasi Birokrasi di Pemda Gorontalo Utara bisa naik nilainya. 

“Untuk Reformasi Birokrasi itu kita diminta melakukan perubahan-perubahan, perbaikan-perbaikan, sehingga nilainya bisa sama dengan akuntabilitas kinerja,” imbuhnya. 

Menurut bupati, pemerintah provinsi melalui Biro Organisasi dan Tata Laksana memberikan masukan kepada Pemda Gorontalo Utara dalam rangka pendampingan untuk peningkatan Reformasi Birokrasi. Disamping memberikan pendampingan perbaikan Reformasi Birokrasi, Indra juga mengaku, pada kesempatan itu, pihak Biro Ortala Pemprov Gorontalo menyampaikan soal penyetaraan eselon IV. 

“Mereka (eselon IV) nanti akan diarahkan menjadi tenaga fungsional. Saya kira itu bagus, karena tenaga fungsional punya kebebasan untuk naik tanpa ada penghalang. Hak-hak mereka juga sama dengan jabatan struktural, bahkan mungkin kedepan akan lebih baik lagi,” kuncinya. (abk/adv/hargo)

BACA  Dinas Pertanian Gorontalo Utara Bangun Bengkel Alsintan

Komentar