Senin, 15 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemda Gorontalo Utara Diminta Urus Sertifikat Tanah Blok Plan 

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Rabu, 22 Juni 2022 | 08:05 Tag: , , , ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte

Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Matran Lasunte sangat menyayangkan sebagian lahan di Blok Plan pindah tangan. Menurut Legislator dari PPP ini, seharusnya Pemda Gorontalo Utara mengurus sertifikat tanah Blok Plan. 

“Sebenarnya, yang perlu dilakukan oleh Pemda Gorontalo Utara yakni mengurus sertifikat tanah yang merupakan bukti kepemilikan lahan,” tegas Matran Lasunte yang juga Wakil Ketua Komisi I  DPRD Gorontalo Utara, 

Pernyataan Matran Lasunte itu menanggapi isu yang beredar saat ini bahwa sebagian lahan di wilayah perkantoran Pemda Gorontalo Utara, telah berpindah tangan. Sikap Matran Lasunte ini sebenarnya sudah disampaikan beberapa kali kepada Pemda Gorontalo Utara untuk segera mengurus sertifikat lahan tersebut. 

“Bukan hanya itu, juga sudah melakukan upaya negosiasi, namu inilah yang terjadi. Itu adalah hak mereka, karena mereka yang memiliki sertifikat,” tegasnya.

Saat ini, pegangan Pemda Gorontalo Utara, menurut Matran Lasunte, hanyalah hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan yang mengaku pemilik lahan, mereka memiliki sertifikat. 

“Jika memang tanah tersebut milik Pemda Gorontalo Utara, maka yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah melayangkan gugatan dengan dasar putusan MK tadi atau alasan hak,” jelasnya.

Terhadap para pelaku usaha yang menempati lahan tersebut, mereka harus mendapatkan perhatian dari Pemda Gorontalo Utara. Harus merelokasi para pelaku usaha tersebut, cari tempat yang representatif dan jelas kepemilikan lahannya dan tempatkan disitu. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman 

(Visited 23 times, 1 visits today)

Komentar