Kamis, 8 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemda Kabgor Akan Sambut  Nelson-Hendra dengan Upacara Adat

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo , pada Rabu, 24 Februari 2021 | 09:05 WITA Tag: , , ,
  Asisten I Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Asri Tuna saat diwawancarai sejumlah awak media. (Foto: Sucipto Mokodompis/HARGO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Gorontalo memang dikenal sebagai daerah yang beragam kebudayaan adat istiadat. Tak heran, daerah dengan falsafah keislaman ‘Adat Bersendikan Syara, Syara Bersendikan Kitabullah’ ini memiliki berbagai macam kearifan lokal yang sangat dihormati masyarakatnya.

Salah satunya adalah upacara adat Molo’opu yang saat ini tengah dipersiapkan oleh Pemerintah daerah kabupaten Gorontalo dalam rangka penyambutan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo terpilih, Nelson Pomalingo dan Hendra Hemeto.

Asisten I Pemerintah daerah kabupaten Gorontalo, Asri Tuna menjelaskan, upacara adat Molo’opu adalah adat yang digelar dalam rangka menjemput yang baru dilantik dalam jabatan tertentu dari rumah pribadi, untuk menempati rumah jabatan yang dilaksanakan secara adat. Adat ini wajib dilaksanakan setiap ada pemimpin terpilih.

BACA  Warga Terdampak Banjir di Dulupi Terima Bantuan Beras CPPD

“Wajib hukumnya bagi bupati dan waki bupati ketika terpilih, pada saat selesai pelantikan, kemudian dibarengi dengan pelaksanaan secara adat , yakni untuk kedua beliau ini dilaksanakan adat Molo’opu,” kata Asri Tuna saat diwawancarai usai menggelar rapat pemantapan persiapan acara Adat Moloopu tersebut, Selasa (23/2/2021)

BACA  Fory Naway Ungkap Pentingnya Data Penyandang Disabilitas

Dalam rapat yang digelar di Ruang rapat Kantor Bupati Gorontalo itu, Lanjut asri Tuna, Pihaknya sudah bersepakat untuk menggelar Upacara adat tersebut dua hari setelah pelantikan, atau lebih tepatnya pada tanggal 28 Februari 2021, akhir pekan ini.

Selain adat Moloopu, kata Asri Tuna, Pemerintah daerah kabupaten Gorontalo juga akan menggelar adat Mopotilolo. Mopotilolo merupakan upacara adat Gorontalo untuk menyambut pejabat negara yang baru pertama kali di daerah itu.

BACA  Pendataan Keluarga Tahun 2021 di Provinsi Gorontalo Resmi Diluncurkan

Adat Mopotilolo hanya dikhususkan buat Wakil Bupati terpilih, Hendra Hemeto yang masih terbilang baru menjabat sebagai Wakil Bupati. Upacara adat tersebut rencananya akan dilaksanakan sore hari, setelah adat Molo’opu dilaksanakan pagi harinya.

“Kedua acara adat tersebut akan dilaksanakan oleh para pemangku adat Gorontalo dan tentunya akan dilangsungkan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” Pungkas Asri Tuna.(hiu/adv/hargo)


Komentar