Kamis, 15 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemda Kabgor Dorong Kemandirian Daerah Melalui Peningkatan SDM

Oleh Berita Hargo , dalam Kab. Gorontalo , pada Rabu, 7 April 2021 | 20:06 WITA Tag: , ,
  Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat menutup kegiatan bimbingan teknik (Bimtek) aplikasi e-Data sektoral di Hotel Arya Duta Manado, Sulawesi Utara, Rabu (07/04/2021). (Foto: Sucipto Mokodompis/HARGO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Mendorong terciptanya kemandirian desa merupakan tanggung jawab semua pihak. Tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, terciptanya kemandirian desa juga merupakan tanggung jawab pemerintah dan masyarakat yang ada di desa. 

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjelaskan, kolaborasi antara pemerintah daerah dan pemerintah desa menjadi kunci dalam menciptakan kondisi tersebut. Salah satu hal penting untuk dilakukan adalah  sinkronisasi data yang ada di desa  dengan data yang ada di daerah maupun di pemerintah pusat.

Di Hadapan ratusan aparat desa, saat menutup kegiatan bimbingan teknik (Bimtek) aplikasi e-Data sektoral di Hotel Arya Duta Manado, Sulawesi Utara, Rabu (7/4/2021), Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo memaparkan tentang pentingnya sinkronisasi data dalam membangun desa yang bermuara pada kemandirian daerah.

“Data ini tidak sekadar tingkat kabupaten, tapi bagaimana data itu dimulai dari desa. Oleh karena itu desa dan kecamatan yang diundang hari ini,” ujar Nelson Pomalingo.Bersamaan dengan itu, dia mengatakan bahwa inovasi ini sejalan dengan visi misi di periode keduanya sebagai Bupati Gorontalo.

“Ini sudah seiring dengan visi misi kami. Kami mendorong kemandirian, salah satunya sistem. Jadi saya minta ini tidak saja menjadi satu data tapi juga ada dalam satu sistem,” pinta Nelson Pomalingo.

Nelson Pomalingo menjelaskan, Upaya mewujudkan kemandirian desa tak lepas dari peningkatan sumberdaya manusia (SDM). Peningkatan kapasitas aparat desa melalui kegiatan Bimtek diatas akan terus didorong untuk menciptakan SDM yang nantinya akan membangun desa, yang pada akhirnya akan bermuara pada kemandirian daerah.

“Kalau tidak memiliki kapasitas, maka tidak akan maksimal (kinerjanya). Makanya tadi saya sampaikan, setelah kegiatan (bimtek) ini harus diimplementasikan dan kami juga akan melakukan evaluasi terkait kegiatan ini,” kata Nelson Pomalingo saat diwawancarai sejumlah wartawan usai menutup bimtek tersebut. (hiu/adv/hargo)

BACA  Nelson Pomalingo Segera Evaluasi Aparat Desa di Kabupaten Gorontalo

Komentar