Sabtu, 8 Agustus 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemekaran Desa Imana Masih dalam Proses

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Legislatif , pada Minggu, 12 Juli 2020 | 15:05 WITA Tag:
  Ketua Komisi I DPRD Gorontalo Utara, Rina Polapa


Hargo.co.id, GORONTALO  – Hingga saat ini, usulan pemekaran Desa Imana, Atinggola kini sudah masuk di DPRD Gorontalo Utara (Gorut). Bahkan aspirasi itu kini sudah masuk dalam proses dan tinggal menunggu waktu.

Penegasan ini disampaikan Ketua Komisi I, DPRD Gorut, Rina Polapa sebagai bentuk respon atas pertanyaan masyarakat. Bahkan menurut Rina Polapa, hingga saat ini, usulan pemekaran desa masih terbuka.

“Aspirasi ini memang telah masuk ke DPRD khususnya di Komisi I, dan itu tengah berproses sampai saat ini,” ungkap Rina Polapa.

BACA  Rencana Kedatangan Presiden Joko Widodo Mulai Dipersiapkan

Soal sampai sejauh mana prosesnya itu, Rina Polapa menyampaikan bahwa di DPRD itu telah dibahas. Sesuai dengan informasi yang masuk, saat ini untuk usulan tersebut telah ada di eksekutif di bagian yang menangani soal pemekaran.

“Yakni di Bagian Tapem, namun demikian untuk koordinasi itu akan tetap kami lakukan guna mengetahui sudah sampai sejauh mana proses yang dilaksanakan terkait dengan aspirasi pemekaran desa,” tegas Rina Polapa.

BACA  18 Juli 2020: Ketambahan 11 Pasien, Tiga Meninggal, 27 Sembuh

Persoalan syarat dan ketentuan sebagaimana yang diatur dalam regulasi, kata Rina Polapa, tentu itu menjadi perhatian tersendiri bagi pihaknya.

“Selama dalam proses aspirasi tersebut memenuhi unsur atau persyaratan dalam pemekaran desa, tentu itu tetap disampaikan sesuai dengan jalurnya,” kata Rina Polapa.

Namun demikian, Rina Polapa menegaskan bahwa pihaknya akan melihat lagi berbagai aturan dan kebijakan yang mengikutinya, termasuk juga terhadap moratorium.

BACA  DPRD Gorontalo Utara Kedatangan Tamu dari Minahasa Tenggara

“Hanya saja bicara soal aturan dan ketentuan serta kebijakan itu merupakan hal yang wajib diperhatikan, dan terhadap kebijakan pemerintah pusat dapat saja sewaktu-waktu itu dicabut,” ujarnya.

Olehnya untuk usulan pemekaran tersebut tetap berproses dan terhadap aturan dan ketentuan serta persyaratannya itu tetap diperhatikan sambil menunggu prosesnya dan langkah apa selanjutnya yang akan diambil. (abk/adv/hg)


Komentar