Rabu, 6 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemerintah Bakal Pangkas Pajak Bunga Obligasi

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi , pada Kamis, 27 September 2018 | 23:40 Tag:
  

Hargo.co.id  JAKARTA – Pemerintah bakal memangkas pajak bunga obligasi. Selain diterapkan pada surat utang pemerintah maupun swasta, hal yang sama juga diberlakukan untuk beberapa obligasi properti dan infrastruktur.

Misalnya, dana investasi realestat (DIRE), reksa dana penyertaan terbatas (RDPT), dan dana investasi infrastruktur berbentuk kontrak investasi kolektif (dinfra). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak seperti Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mematangkan rencana kebijakan tersebut.

”Pemerintah mengharapkan instrumen yang sifatnya lebih jangka menengah panjang sehingga tidak volatile dalam jangka pendek,” kata Sri, Senin (24/9).

Saat ini yield obligasi negara mencapai delapan persen seiring dengan meningkatnya risiko. Penurunan pajak penghasilan bunga obligasi diharapkan membuat yield menjadi lebih rendah. Kajian tersebut sebenarnya dilakukan sejak 2016.

Saat itu pemerintah berniat menetapkan PPh atas bunga obligasi pemerintah menjadi nol persen. ”So far sedang digodok,” kata Dirjen Pajak Robert Pakpahan.

(Visited 7 times, 1 visits today)

Komentar