Kamis, 2 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemerintah Gorontalo Utara dan Bakamla Sepakat Jaga Keamanan Laut 

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Senin, 22 November 2021 | 08:05 AM Tag: , ,
  Penandatanganan MoU antara Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin dengan Direktur Kerja Sama,Laksma Bakamla, Sandy M. Latief. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Guna memperkuat keamanan di laut pasifik utara Indonesia, Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia menyepakati kerja sama. Itu ditandai dengan penandatanganan MoU antara kedua pihak yang dilaksanakan di Aula Tinepo Kantor Bupati Gorontalo Utara, Jumat (19/11/2021).

Nota kesepahaman itu ditandatangani langsung oleh Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin dengan Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Dr. Aan Kurnia. Kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilakukan terpisah (desk to desk). Kepala Bakamla di Mabes Bakamla RI, sedangkan Indra Yasin di Gorontalo Utara yang disaksikan Direktur Kerja sama Laksma Bakamla, Sandy M. Latief dan Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah, Kolonel Pundhi Rusbandi.

Penandatanganan Nota Kesepahaman itu berisikan tentang perencanaan, penyediaan dan penetapan lokasi atau lahan pembangunan Pangkalan Bakamla di perairan Gorontalo Utara. Kepada awak media ketika diwawancarai, Indra Yasin mengaku, berterima kasih kepada pihak Bakamla yang telah memilih Kabupaten Gorut sebagai daerah untuk dibangun Pangkalan Bakamla. 

Gorontalo Utara yang terletak di bibir pasifik batas antar negara sudah sepantasnya mendapat perhatian lebih. Lokasi pembangunan pangkalan Bakamla di Gorut terletak di antara Desa Oluhuta dan Desa Imana, Kecamatan Atinggola. 

“Tentu kalau pangkalan itu sudah berdiri nanti, maka akan memperkuat keamanan di laut di Gorut, terutama dari pencuri-pencuri ikan dari wilayah Filipina,” tuturnya. 

Di samping itu, dengan hadirnya pangkalan Bakamla di Gorut, tentu juga akan lebih mengamankan wilayah Laut Pasifik. 

“Kami tentu berterima kasih banyak, karena nantinya Bakamla juga bisa kita jadikan keamanan di tempat-tempat wisata terdekat, mengingat di Gorut banyak potensi wisata pulau dan pantai. Intinya, kehadiran Bakamla sangat penting dan strategis mengamankan wilayah laut di Indonesia, khususnya di bagian utara Indonesia yang memang berhadapan dengan negara-negara tetangga, seperti Filipina, Malaysia dan Vietnam. Sehingga ini menjadi salah satu wilayah pertahanan negara di bagian utara,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 9 times, 1 visits today)

Komentar