Senin, 1 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemerintah Sebut Irigasi Solusi Meluapnya Sungai Alopohu

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo , pada Kamis, 28 Januari 2021 | 20:05 WITA Tag:
  Wakil Bupati Gorontalo Herman Walangadi saat menggelar rapat bersama Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II. (Foto: Humas Kominfo Kabgor)


Hargo.co.id, GORONTALO – Keluhan masyarakat terkait meluapnya Sungai Alopohu yang melintas di empat kecamatan di Kabupaten Gorontalo direspon oleh pemerintah daerah setempat.

Pasalnya, sungai yang melintas di Kecamatan Limboto Barat, Tibawa, Bongomeme dan Dungaliyo itu, sering meluap pada musim hujan.

Menyikapi keluhan masyarakat tersebut, Wakil Bupati Gorontalo Herman Walangadi mengatakan, pihaknya telah melaksanakan rapat dengan pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II. Rapat tersebut turut dihadiri oleh camat dan kepala desa yang ada di sekitar sungai Alopohu.

BACA  Gubernur Gorontalo Minta Mars Korpri Wajib Diputar di Radio

Dia menerangkan, Rapat tersebut merupakan upaya mediasi yang dilakukan pemerintah daerah terkait pendataan lahan masyarakat yang akan dibutuhkan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Irigasi dan Rawa II untuk Pekerjaan Land Acquisition and Resettlement Action Plan (Larap) pembangunan daerah irigasi Alopohu.

Dirinya yakin, Pekerjaan Larap Pembangunan saluran pembuangan Daerah Irigasi Alopohu akan mendapat dukungan dari masyarakat karena akan bermanfaat untuk mencegah terjadinya banjir.

BACA  Hadijah U. Tayeb Ditunjuk Sebagai Plh. Bupati Gorontalo

“Pembangunan saluran pembuangan Daerah Irigasi Alopohu oleh BWS Sulawesi II ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya banjir yang sering melanda wilayah Limboto Barat, Isimu, Bongomeme dan Dungaliyo,” kata Herman Walangadi, Kamis (28/01/2021)

PPK Irigasi dan Rawa II di BWS Sulawesi II, Ranti Muhamad mengatakan, Tahapan Pembangunan Saluran Pembuangan irigasi itu sudah masuk dalam tahapan pembebasan lahan. Pihaknya akan mensosialisasikan hal tersebut secara langsung kepada kepala Desa/Lurah yang wilayahnya dilintasi sungai tersebut.

BACA  Gubernur Gorontalo Minta Siskamling Diaktifkan Kembali, Ini Alasannya

“Teknis pembangunan saluran pembuangan di Alopohu ini kami sudah melalui tahapan perencanaan dan studi lingkungan, selanjutnya akan masuk pada tahap pembebasan lahan,” ujar Ranti

Dirinya belum dapat memastikan kapan realisasi pekerjaan itu di mulai. Pihaknya, kata Ranti masih memiliki beberapa tahapan yang akan dipacu agar realisasi pekerjaan saluran tersebut dapat secepatnya direalisasikan. (hiu/adv/hg)


Komentar