Kamis, 26 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemerintah Segera Tangani Lonjakan Angka Pengangguran di Masa Pandemi

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Senin, 26 Oktober 2020 | 22:05 WITA Tag: ,
  Ilustrasi


Hargo.co.id, GORONTALO – Ada yang perlu diketahui terkait sikap pemerintah terhadap lonjakan pengangguran di masa pandemi. Yakni adanya upaya untuk memastikan ketersediaan lapangan kerja bagi yang terdampak dari pandemic Covid-19.

“Ada 6,9 juta orang pengangguran sebelum Covid-19 yang terus bertambah sekitar 2,9 juta setiap tahunnya dari angkatan kerja baru. Belum lagi yang terkena PHK karena pandemi tercatat sekitar 3,5 juta orang. Pemerintah harus fokus membuka lapangan pekerjaan baru,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga dalam Dialog Satu Tahun Jokowi-Ma’ruf, Ahad (25/10/2020) .

BACA  Jelang Libur Akhir Tahun, Satgas Covid-19 Ingatkan Protokol 3M

Menurut Airlangga, angka pengangguran yang melonjak karena dampak Covid-19 jika tidak ditangani secara cepat akan berpengaruh pada tingkat kemiskinan. Untuk itu, tanpa adanya tindak lanjut segera untuk memastikan adanya serapan tenaga kerja baru, cepat atau lambat tingkat kemiskinan akan meningkat.

BACA  Legislator Ajak Seluruh Tokoh Sosialisasikan Protokol Kesehatan

“Tantangan utama Indonesia ke depannya jelas kita membutuhkan lebih banyak lapangan pekerjaan. Ini supaya tingkat kemiskinan karena Covid-19 ini tidak meningkat,” seru Airlangga.

Selain itu, pemerintah juga memastikan agar daya beli masyarakat bisa terjaga dengan menggulirkan bantuan sosial kepada masyarakat. Jumlah yang tercatat sepanjang 2020 ini mencapai Rp695,2 triliun.

Secara regulasi, pemerintah juga telah merespon kebutuhan untuk perluasan lapangan pekerjaan dengan memastikan investasi bisa lebih banyak masuk. Melalui UU Cipta Kerja, hambatan regulasi dan birokrasi yang mengganjal masuknya investasi bisa diselesaikan.

BACA  Pilkada Jangan Jadi Klaster Baru Covid-19

“Ini supaya daya beli masyarakat yang turun, bisa diganjal dengan perlindungan sosial. Rencananya, bantuan sosial juga akan kembali dikucurkan tahun depan,” jelas Airlangga. (chi/jpnn)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar