Kamis, 6 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemilihan BPD Diharapkan Sesuai Aturan

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Minggu, 18 April 2021 | 02:05 WITA Tag: ,
  Ketua Komisi I DPRD Gorontalo Utara.


Hargo.co.id, GORONTALO – Guna menghindari terjadinya konflik, Ketua Komisi I DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Rina Polapa mengimbau kepada pihak penyelenggara pemilihan BPD untuk dapat mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku.

Rina saat dihubungi untuk dimintai tanggapannya terkait dengan pemilihan BPD pada Kamis (15/04/2021), mengatakan bahwa saat ini dirinya telah mendapatkan beberapa informasi terkait dengan pelaksanaan pemilihan BPD yang ada di daerah ini. 

“Informasinya ada dugaan atau indikasi terhadap pelanggaran aturan dan ketentuan yang berlaku di beberapa desa,” ungkapnya.

Untuk rujukan pemilihan BPD tersebut kata Rina sudah jelas semua harus merujuk pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 /2017. 

“Jangan coba-coba melanggar perda” tegasnya.

Selain itu juga Rina menghimbau dan sekaligus juga mengingatkan kepada DPMD untuk dapat melakukan monitoring terhadap proses pemilihan BPD. 

“Monitoring harus dilakukan oleh pihak DPMB terhadap proses dan setiap tahapan pemilihan BPD,” kata Rina.

Rina berharap agar pada proses pemilihan BPD hingga pada hasil akhirnya diharapkan dapat berjalan dengan aman dan lancar dan tidak ada persoalan yang timbul. 

“Pasalnya dengan kondisi dari informasi yang diperoleh tersebut, dapat saja mengakibatkan atau berpotensi konflik pasca agenda pemilihan BPD” ujarnya.

Jika memang terjadi lagi konflik atau persoalan kata Rina, maka dapat berujung pada rekomendasi yang akan diterbitkan nantinya oleh DPRD kepada Bupati Kabupaten Gorut. 

“Tentunya rekomendasi tersebut agar bupati tidak menandatangani Surat Keputusan (SK) bagi calon yang terpilih” tandasnya. (abk/adv/hargo)

BACA  Reses di Desa Hiyalo Oile, Ini Janji Sian Woloks

Komentar