Kamis, 24 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemkab Gorontalo Suplai Air Bersih, Pangan dan Terpal  

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo , pada Minggu, 9 Agustus 2020 | 10:05 WITA Tag:
  Penyaluran bantuan oleh Dinas Sosial Kabupaten Gorontalo kepada warga korban banjir bandang di sejumlah kecamatan. (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Paska banjir bandang yang melanda 4 kecamatan di Kabupaten Gorontalo, pemerintah daerah terus bergerak menyalurkan bantuan. Tak terkecuali Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Gorontalo.

Dinsos melakukan upaya untuk membantu masyarakat terdampak banjir di kecamatan Bilato dan Boliyohuto. Salah satunya adalah mendirikan dapur umum di lokasi bencana banjir, Suplai air bersih, salurkan bantuan terpal hingga bantuan sembako.

Kepala Dinas Sosial, melalui sekretaris dinas Titi Nur mengatakan, pemerintah kabupaten Gorontalo melalui dinas sosial  fokus di wilayah dampak banjir, yaitu di Boliyohuto, Bilato dan Telaga Cs. Bantuan yang disalurkan berupa bahan pokok makanan suplai air bersih di Kecamatan Boliyohuto desa Tolite, di sana sudah ada mobil tangki air minum selama dua hari dan suplai air itu dibagikan kepada masyarakat berjumlah 1.200 jiwa.

BACA  Lakukan Sensus Penduduk, BPS Diminta Terapkan Protokol Kesehatan

Lanjut Titi Nur, Dinsos juga menyalurkan Bantuan sembako di dua kecamatan, yakni Kecamatan Bilato dan Boliyohuto.

“Desa Tolite yang kita bagikan berupa bantuan beras 480 kilo bagi 123 kepala keluarga, dan 400 jiwa. Kemudian juga Bantuan sembako, berupa mie instan dan air minum di Desa Juriya Kecamatan Bilato, kepada  93 kepala keluarga dengan total 223 jiwa, bantuan beras  267 kilo, mi instan dan popok,” jelasnya.

Ditambahkan, di Desa Bilato 12 kepala keluarga 48 jiwa dan bantuan beras 57.6 kg. Di Desa Motoduto untuk 26 kk 220 jiwa bantuan berupa beras 264 kg  serta masih Desa Tolite bantuan air bersih kepada masyarakat  332 kepala keluarga dengan 1200 jiwa di tambah lagi bantuan beras 1.440 kilo.

BACA  Beri Rasa Aman, ASN Pemprov Gorontalo Wajib Swab Test

“Dinsos bersama pemerintah kecamatan serta ayahan Tolite terus mengawasi lokasi banjir dan mengidentifikasi jumlah masyarakat yang terkena dampak bencana banjir serta segera menyalurkan bantuan sembako kepada warga dampak banjir, Hari pertama pun kami bersama Tagana dan BPBD  sudah mengevakuasi korban dilanjutkan penyaluran bantuan,” tambahkan.

Tak hanya di wilayah Bilato dan Boliyohuto, di Desa Hutdaa Kecamatan Telaga jaya Dinsos kabupaten Gorontalo segera mendirikan dapur umum dengan dibantu kelompok KSB kerja sama dengan Tagana untuk memasak dan menyalurkan makanan siap saji.

Masih Di Hutadaa, kecamatan telaga jaya, dinas sosial pun menyalurkan bantuan berupa tarpal 10 unit. Bantuan itu diberikan pemerintah kabupaten gorontalo kepada kelompok siaga bencana (KSB), di telaga Cs dan sudah diterima ketua KSB Huyula dan jumlah KSB di telagaCs itu berjumlah 50 orang.

BACA  Perlu Ada Regenerasi, DPRD Minta Sekda Dievaluasi

“Mereka yang hingga saat ini membantu masyarakat sementara di pengungsian,” tutur Titi Nur.

Seperti diketahui, di Kabupaten Gorontalo ada tiga kelompok KSB, kelompok KSB Boliyohuto Cs, Telaga Cs dan Batudaa Cs. terpal ini digunakan bagi  masyarakat yang tinggal di pengungsian .

Bahkan kata Titi Nur, terpal ini bisa dipinjamkan untuk beberapa kecamatan yang ada di telaga Cs yang terkena banjir dan tinggal di pengungsian  Menariknya, bantuan terpal ini juga bisa dipinjamkan kepada masyarakat ketika melaksanakan hajatan-hajatan dan itu tinggal koordinasinya dengan kelompok KSB masing-masing wilayah. (nat/adv/hg)


Komentar