Jumat, 20 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemkot-BPOM Uji Sampel Ratusan Jenis Takjil, Hasilnya Seperti Ini….

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Selasa, 30 Mei 2017 | 13:41 Tag: ,
  

KOTA,hargo.co.id – Pada pelaksanaan ibadah puasa di bulan suci Ramadahan, seperti biasanya, saat menjelang buka puasa, masyarakat akan berburu takjil, atau aneka penganan untuk buka puasa.

Terlebih lagi di Kota Gorontalo, takjil menjadi kesibukan tersendiri masyarakat menjelang buka puasa. Pemerintah Kota Gorontalo sendiri, turut memastikan sterilisasi aneka takjil yang dijajakan sehingga layak untuk dikonsumsi sebagai penganan buka puasa.

Dalam kaitan tersebut, sejak sepekan sebelum Ramdahan, pemerintah Kota Gorontalo menggandeng Balai Pengawas Obat dan Makanan (B POM) Gorontalo untuk melakukan uji sampel terhadap aneka takjil yang akan dijajakan saat menjelang buka puasa.

Bahkan, pada Sabtu (27/5), saat hari pertama pelaksanaan ibadah puasa ramadhan, Walikota Marten Taha bersama pihak Balai POM Gorontalo meninjau langsung aneka jajanan takjil yang dipajang untuk masyarakat.

Kesempatan itu, juga dimanfaatkan Walikota Marten Taha untuk melaksanakan silaturahim dengan warga yang dijumpai. Dalam peninjauan tersebut kembali dilaksanakan uji sampel atas puluhan jenis takjil dan hasilnya negative.

“Alhamdulillah, awalnya pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Gorontalo telah melaksanakan uji sampel bagi 150 jenis takjil yang akan dijajajkan di Kota Gorontalo, dan hasilnya negative dan layak konsumsi, dan dalam kesempatan peninjauan ini, kami kembali melaksanakan uji sampel atas 30 jenis takjil dan kembali hasilnya negative sehingga layak untuk dikonsumsi,” kata Marten Taha.

Walikota juga menuturkan, dalam uji sampel tersebut pihaknya melibatkan seluruh UMKM di Kota Gorontalo yang akan menjajakan takjil untuk buka puasa.

Sementara itu Kepala Balai POM Gorontalo Sukriadi Dharma menyampaikan, pelaksanaan uji sampel bagi sedikitnya 180 sampel takjil yang dijajakan di Kota Gorontalo tersebut, merupakan murni permintaan pemerintah Kota Gorontalo yang mendapat dukungan penuh dari Balai POM.

Bahkan, saking antusiasnya, menurut Sukriadi, Balai POM sendiri telah menggratiskan uji sampel takjil di Kota Gorontalo saat ini.

“Sejak tanggal 12 hingga 26 Mei, kami telah melaksanakan uji sampel atas 150 jenis takjil, dimana dalam teknis pelaksanaan uji sampel ini kami mendatangi langsung UMKM yang tengah membuat takjil. Pengujian sampel kembali dilaksanakan atas 30 jenis takjil, yang dilaksanakan langsung di lokasi jajanan takjil, dan kembali hasilnya negative,” ujar Sukriadi Dharma.

Lebih lanjut disampaikannya, peninjauan ini akan dirutinkan selama bulan suci ramadan. (hargo)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar