Kamis, 21 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemprov Gorontalo Ketambahan 110 Unit Alsintan

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Kamis, 24 Desember 2020 | 11:05 WITA Tag: ,
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie melihat dari dekat bantuan alsintan dari Kementrian Pertanian bertempat di Brigade Alsintan, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Rabu (23/12/2020). Brigade yang melayani pinjaman alistan petani itu ketambahan 110 unit baru 2020 ini. (Foto:Istimewa/HUMAS)


Hargo.co.id, GORONTALO – Brigade Alat Mesin Pertanian (Alsitan) Pemprov Gorontalo ketambahan 110 unit alsintan dari Kementrian Pertanian RI. Rinciannya 10 unit traktor roda empat, 20 unit traktor roda dua dan 20 unit pompa air.

Selain itu, Brigade Alsitan juga ketambahan 30 unit corn sheller mobile, 131 unit corn seller, 20 unit power threser dan 10 unit power threser multi guna.

BACA  Ini Reaksi Keluarga Habibie-Sidiki Usai Menyimak Pernyataan Adhan Dambea

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meninjau sekaligus menyerahkan bantuan untuk kabupaten/kota di Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Rabu (23/12/2020).Dikatakan Rusli, Brigade Alsitan sengaja ia gagas untuk mengelola alsintan lebih efektif dan efisien jika dibandingkan diserahkan kepada petani. Brigade yang dirintis sejak 2015 itu memberikan pinjaman alat ke petani dengan harga murah. Cukup membayar ongkos operator dan BBM sesuai dengan luasan lahan yang digarap.

BACA  Gubernur Minta Situs Otajin Jadi Paket Wisata Pantai Minanga

“Karena pengalaman saya dulu di Gorut, alsintan kita kasih ke petani tapi cepat rusak. Dikasih ke kelompok petani A, seakan-akan milik mereka itu. Petani lain kalaupun boleh meminjam harus bayar mahal. Kita bentuk ini brigade supaya kebetuhan petani terlayani dan pemeliharaan alatnya juga jalan,” tutur Rusli Habibie. (rilis/hg)


Komentar