Rabu, 25 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemprov Gorontalo Salurkan 1.000 Paket Bantuan Pangan Lokal

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Sabtu, 7 November 2020 | 14:05 WITA Tag: ,
  Penyerahan bantuan pangan lokal siap saji oleh Sekda Provinsi Gorontalo, Darda Daraba yang disaksikan oleh Ketua TP PKK, Idah Syahidah, dalam rangka Hari Pangan Sedunia. (Foto Istimewa/HUMAS)


Hargo.co.id, GORONTALO – Pemprov Gorontalo melalui Dinas Pangan menyalurkan 1.000 paket pangan lokal secara gratis kepada masyarakat. Paket pangan lokal tersebut terdiri dari ubi jalar, singkong, pisang, jagung, jantung pisang dan telur yang siap saji.

Pembagian ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) tingkat Provinsi Gorontalo di depan rumah jabatan gubernur, Sabtu (07/11/2020).

Kepala Dinas Pangan Sutrisno mengatakan, aksi bagi-bagi paket pangan lokal pada hari pangan sedunia ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan keluarga mulai dari pengadaan pangannya, pola konsumsi masyarakat yang beragam, bergizi dan aman atau (B2SA) dan tidak mengkonsumsi secara berlebihan.

BACA  Perempuan dan Anak di Gorontalo Terima Bantuan dari Kementerian PPPA

“Ini adalah upaya kepedulian kita semua dalam rangka hari pangan sedunia dan pentingnya pangan untuk masyarakat. Pangan yang sehat agar masyarakat sehat,” ungkap Sutrisno.

Di tempat yang sama Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, memberikan apresiasi kepada masyarakat dan instansi-instansi yang aktif melalui perannya masing masing dalam kondisi pandemi saat ini, telah berkontribusi dalam mendukung ketahanan pangan di Provinsi Gorontalo.

Menurutnya ini saatnya Pemerintah Provinsi Gorontalo mendorong terus agar pangan lokal menjadi bahan utama konsumsi masyarakat Gorontalo.

BACA  Penerapan Protokol Kesehatan di Mapolsek Kabila Cukup Ketat

“Karbohidrat itu bukan hanya ada di nasi, tetapi kita pun bisa mendapatkannya di pangan lokal seperti jagung, ubi, singkong dan pisang. Insyaallah pelan-pelan kita memberikan pemahaman kepada masyarakat, pangan lokal ini akan menjadi konsumsi utama masyarakat Gorontalo,” imbuh Darda.

Selain aksi bagi bagi pangan lokal, Dinas Pangan juga mengadakan kegiatan sosialisasi diversifikasi pangan lokal untuk mendukung ketahanan pangan nasional dan kampanye atau gerakan sosialisasi zero waste atau tidak ada sampah makanan dan tidak ada pangan yang terbuang.

BACA  Terkait Protokol Kesehatan, Doni Monardo Ingatkan Seluruh Kepala Daerah

Dalam kesempatan itu pula ada pemberian bantuan kepada kelompok pengembangan usaha pangan masyarakat dan juga kelompok pertanian keluarga. Adapula pemberian penghargaan kepada institusi atau lembaga yang berkontribusi dan bersinergi penuh untuk mendukung ketahanan pangan khususnya di Provinsi Gorontalo. Penghargaan tersebut diberikan kepada KPw Bank Indonesia, Polda Gorontalo, serta Korem 133/NWB.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua PKK Provinsi Gorontalo, Kepala BPTP Gorontalo, Asisten Ekonomi Pembangunan Setdaprov, Asisten Administrasi Umum Setdaprov, Perwakilan Polda Gorontalo, Perwakilan Korem 133/NWB, dan Perwakilan BI Gorontalo. (rilis/hg)


Komentar