Rabu, 28 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemprov Siapkan Lahan Hibah untuk Kantor Bawaslu

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Gorontalo , pada Sabtu, 17 Oktober 2020 | 10:35 WITA Tag: ,
  Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie (Kiri) terlibat perbincangan serius dengan Sekjen Bawaslu RI Gunawan Suswantoro (Kanan), Kamis (16/10/2020). (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Pemprov Gorontalo telah menyiapkan lahan hibah untuk pembangunan kantor Bawaslu Provinsi Gorontalo. Ini terkuak pada pertemuan antara Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie dengan Sekjen Bawaslu RI Gunawan Suswantoro di Rujab Gubernur, Kamis (16/10/2020).

“Lahannya kita sudah hibahkan. Tadinya kita siapkan di Tamalate, cuma di situ banyak perkantoran strategis kita hawatir terjadi apa apa. Akhirnya kita hibahkan yang di Kecamatan Sipatana kurang lebih satu hektar. Di sana untuk kantor Bawaslu dan KPU,” ujar Gubernur Rusli usai pertemuan.

BACA  Pastikan Protkes, Ormawa UNG Bantu Pencegahan Covid-19

Sementara, untuk pembangunan fisik, Gubernur Rusli Habibie berupaya agar ada kontribusi dari APBD. Bawaslu RI juga didorong untuk mengalokasikan anggaran pembangunan kantor.

“Kita akan berkonsultasi dengan Bawaslu dan KPU pusat, juga dengan komisi II DPR RI. Kebetulan ketua komisi II kawan saya, kami akan menyurat agar tahun 2021 dianggarkan dan selesai tahun itu juga,” imbuhnya.

BACA  Kabar Baik, 40 Pasien Covid-19 di Gorontalo Sembuh

Sementara itu, Sekjen Bawaslu RI Gunawan Suswantoro menilai lahan hibah pemprov cukup luas dan representatif, ukurannya hampir satu hektar. Ia berkeinginan lahan tersebut tidak saja untuk membangun kantor Bawaslu dan KPU tetapi juga ada pelataran demokrasi.

“Pelataran demokrasi ini nanti jadi panggung demo, tempat masyarakat menyampaikan aspirasinya. Kita siapkan panggung dan micnya, asal aspirasinya disampaikan dengan tertib,” ucap Gunawan.

BACA  Gubernur Salurkan Bantuan Kementerian PPA

Jika pelataran demokrasi itu sukses dibangun, maka akan menjadi ruang graha pemilu pertama tingkat provinsi di Indonesia. Bawaslu dan KPU Gorontalo mampu menyediakan ruang aspirasi bagi publik.

Pihaknya mengakui anggaran pembangunan kantor Bawaslu provinsi masih moratorium secara nasional. Ia berharap ada Langkah strategis dari daerah agar pembangunannya bisa dilaksanakan tahun 2021 melalui stimulus Bawaslu RI maupun bantuan dari pemerintah daerah.(adv/rwf/hg)


Komentar