Selasa, 1 Desember 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemprov Terima Bantuan 9.600 Paket PCR Swab dari GTPP Covid-19 Pusat

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Gorontalo , pada Minggu, 21 Juni 2020 | 16:05 WITA Tag: ,
  Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Misranda Nalole. (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 pusat kembali menggulirkan bantuan untuk Pemprov Gorontalo. Kali ini, 9.600 paket alat PCR Swab yang terdiri dari PCR, Viral Transport Medium (VTM), RNA dan Tube di berikan untuk pemeriksaan spesimen warga Gorontalo.

Bantuan tersebut diterima oleh BPBD Provinsi Gorontalo yang selanjutnya diteruskan ke Dinas Kesehatan.

BACA  Sanksi Menanti Jika Menghalangi Penanganan Covid-19

Selain paket lengkap PCR Swab, ada juga cotton swab sebanyak 9.000 buah.

“Semua alat ini kita butuhkan untuk uji swab di laboratorium BPOM. PCR, RNA dan Tube itu menjadi alat utama untuk swab test. Sementara cotton swab biasa digunakan untuk mengambil sampel dari tenggorokan atau hidung pasien yang selanjutnya disimpan di VTM,” jelas Pelaksana Tugas Kadis Kesehatan Misranda Nalole.

BACA  Vaksin Covid-19, Kunci Geliat Ekonomi

Misranda menjelaskan, untuk swab tes pasien terindikasi covid-19 rata-rata 300 sampel per hari. Dengan kata lain, bantuan yang ada cukup untuk digunakan selama dua bulan ke depan.

Akan tetapi, lanjut Misranda, PCR Swab ini diprioritaskan untuk pasien dengan hasil rapid test reaktif dan atau orang yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif. Pelaku perjalanan yang ingin ke luar daerah yang menuntut membawa hasil swab diarahkan ke laboratorium swasta.

BACA  Hindari Kerumunan, Debat Pilkada Pohuwato Digelar di Studio TVRI Gorontalo

“Prodia Gorontalo sudah melayani swab test mandiri. Pelaku perjalanan kita arahkan ke sana, sebab SOP kita untuk swab dikhususkan bagi yang reaktif rapid test atau yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif. Swab ini tidak dipungut biaya,” pungkasnya.(adv/rwf/hg)


Komentar