Jumat, 23 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemprov Terima Bantuan Reagent Kit dan VTM dari BNPB

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Gorontalo , pada Jumat, 19 Juni 2020 | 06:05 WITA Tag: , ,
  Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Misranda Nalole. (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali menggelontorkan bantuan untuk Pemprov Gorontalo terkait penanganan Covid-19. Kali ini, tidak hanya reagent kit, BNPB juga menyerahkan Viral Transport Medium (VTM).

VTM adalah media untuk membawa sampel lendir hidung dan tenggorokan pasien atau disebut spesimen.

Adapun jumlah VTM yang diterima Pemprov Gorontalo yakni sebanyak 10.000. Begitu juga jumlah reagen kit, yakni 10.000.

Menurutnya Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Provinsi Gorontalo, Misranda Nalole, bantuan BNPB ini berkat usaha dari Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Anggota DPR RI Udah Syahidah.

BACA  Kunker di Tiga Kecamatan, Ini yang Disampaikan Pjs. Bupati Kabgor

“Alhamdulillah berkat upaya dari Bapak Gubernur Rusli Habibie dan Ibu Idah Syahidah selaku anggota DPR RI Komisi VIII kita mendapatkan bantuan dari BNPB. Reagen kit dan VTM ini sangat penting untuk mempercepat proses swab test di Laboratorium BPOM Gorontalo,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Misranda Nalole.

BACA  Doni Monardo : Penanganan Covid-19 di Gorontalo Cukup Baik

Reagen kit dengan merek Liveliver itu dikirim melalui ekspedisi sebanyak dua koli. Sementara VTM merek Genesis sebanyak 25 koli masing-masing 400 buah. Reagen akan dimanfaatkan sepenuhnya oleh BPOM sementara VTM akan didistribusi ke kabupaten dan kota untuk tracking kontak pasien terindikasi covid-19.

“Atas nama Bapak Gubernur dan pemerintah provinsi kami mengucapkan terima kasih kepada BNPB, Gugus Tugas Pusat maupun Kementrian Kesehatan yang sudah memfasilitasi alat ini. Jika harus kita beli harganya cukup mahal dan belum tentu ada karena dicari oleh semua daerah,” imbuhnya.

BACA  Sekda Harap, Pokja PKP Ciptakan Sinergitas antar Sektor

Pemeriksaan swab test saat ini masih diprioritaskan kepada pasien dengan rapid test reaktif maupun yang kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif. VTM biasa digunakan sebagai wadah sampel atau spesimen yang diambil dari pasien.(adv/rwf/hg)


Komentar