Saturday, 18 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penanganan Sampah Butuh Keterlibatan Pemerintah Desa

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo Utara , pada Thursday, 29 July 2021 | 14:05 PM Tags: ,
  Kepala Bidang PSLB3, DLH Gorontalo Utara, Nining Jurianti Sunge

Hargo.co.id, GORONTALO – Tingkat kepedulian terhadap penanganan sampah di Gorontalo Utara (Gorut) masih rendah. Tak hanya di kalangan masyarakat, namun juga di kompleks perkantoran Blok Plan, kesadaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga masih rendah. 

Terkait dengan itu, perlu ada upaya penanganan bersama yang dilakukan tidak hanya oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH), namun juga perlu dengan pemerintah desa termasuk juga dari sisi penganggarannya.

Itu juga diakui oleh Kepala Bidang PSLB3, DLH Gorontalo Utara, Nining Jurianti Sunge, yang mana dari sisi anggaran itu sangat minim. Bahkan dari sisi satuan tugas (Satgas) kebersihan juga personilnya sangat kurang, yang saat ini hanya berjumlah 57 orang. 

“Sementara untuk gaji mereka masih rendah, yakni Rp 900 ribu perbulan. Selain itu, tak banyak yang ingin menjadi petugas kebersihan,” kata Nining Jurianti Sunge.

Kembali ke persoalan desa, Nining Jurianti Sunge menegaskan bahwa pihaknya akan bermohon ke bupati agar dapat mengeluarkan surat kepada pemerintah desa untuk mengalokasikan anggaran penanganan sampai untuk 2022. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 37 times, 1 visits today)

Komentar