Rabu, 1 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pencari Kerja di Kota Membludak

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Sabtu, 24 Desember 2016 | 10:39 AM Tag: ,
  

KOTA SELATAN, Hargo.co.id – Arus pencari kerja dari desa ke kota dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Yang terdata di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja saja, (Dinsosnaker) sudah cukup banyak.

Untuk menanggulangi hal itu, Dinsosnaker menggiatkan sejumlah program. Diantaranya prorgram Job Matching untuk lulusan SMA/SMK Sederajat, dan Job Fair untuk para sarjana dan masyarakat umum.

Kepala Bidang Pengembangan Ketenagakerjaan Dinsosnaker, Rahmawati Buhumu mengatakan, setiap hari kantornya membludak dengan kedatangan para pencari kerja yang datang mengurus kartu pencari kerja.

“Pengurusan kartu ini gratis,” kata Rahmawati, ketika di temui Gorontalo Post, kemarin, (23/12).

Selain memberikan kemudahan layanan kartu pencari kerja secara gratis, Dinsosnaker juga giat menggelar pelatihan dan pengembangan karir, serta mengadakan pameran job matching dan job fair. Hal itu dimakasudkan agar dapat mengatasi banyaknya pengangguran di Kota Gorontalo yang diperkirakan mencapai ribuan orang.

“Job fair dan job matching ini kita gelar setiap tahun,” jelasnya.

Lebih lanjut, Rahmawati Buhumu mengatakan, bahwa pihaknya bersedia membantu para pencari kerja untuk menemukan pekerjaan bagi mereka.

Baik dengan cara menggelar kegiatan pameran job matching dan job fair, juga pelatihan dan pengembangan berupa Lokal Lowongan Kerja (LLK), yang diselenggrakan setiap tahunnya guna memaksimalkan potensi para pencari kerja, yang diharapkan kedepannya menjadi pekerja yang mandiri.

“Selain kegiatan job fair dan job matching, kami juga menggelar Lokal Lowongan Kerja (LLK) setiap tahunnya agar para pencari kerja dengan mudah mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan,” paparnya.

Berbagai usaha yang dilakukan pemerintah melalui Dinsosnaker, untuk mengurangi angka pengagguran di Kota Gorontalo, hal ini terlihat dari berbagai kegiatan yang dilakukan mulai dari pameran job matching, dan job fair hingga pelatihan dan pengembangan karir, yang menjadi fokus utama dari Dinsosnaker.

Buktinya 20 paket pelatihan dan pengembangan yang dilakukan selama periode 2016 ini, berupa LLK (lokal lowongan kerja), serta pelatihan tenaga kerja luar negeri, yang telah dilakukan selama 2 tahun terakhir, diharapkan menjadi acuan bagi pencari kerja yang diharapkan kedepannya bisa hidup secara mandiri. (tr-56/hargo)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar