Kamis, 7 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pencoretan PKB Bonbol Dibatalkan

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Politik , pada Kamis, 13 September 2018 | 12:35 Tag:
  

Hargo.co.id GORONTALO– Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone Bolango yang tak mengakomodir pencalonan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dianulir. Itu seiring keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bone Bolango yang mengabulkan gugatan PKB Bone Bolango. Keputusan tersebut dibacakan dalam persidangan dugaan pelanggaran administrasi Pileg 2018, Rabu (12/9), di Hotel New Rachmat Kota Gorontalo.

Sebelumnya, dalam pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg), KPU Bonbol menyatakan PKB Tak Memenuhi Syarat (TMS). Hal itu dikarenakan PKB telat memasukkan daftar bacaleg sebagaimana tenggat waktu yang diberikan.

Keputusan KPU itu digugat oleh PKB ke Bawaslu. Alasannya, penetapan TMS tersebut tak berdasar mengingat sebelum akhir tenggat waktu PKB Bone Bolango sudah melakukan registrasi untuk memasukkan daftar bacaleg.

Dan pada saat akan memasukkan berkas pendaftaran, PKB terkencala pada aplikasi Sistem Pencalonan (Silon) yang tak bisa diakses. Kondisi itu mengakibatkan pihak PKB telat memasukkan berkas pendaftaran.

Ketua Bawaslu Bone Bolango Moh.Fahri Kaluku selaku Ketua Majelis Sidang menyampaikan, dari hasil persidangan telah terdapat pelanggaran administrasi yang dilakukan KPU Bone Bolango dalam pendaftaran Pileg, khususnya pendaftaran bacaleg PKB. Karena itu, Bawaslu memerintahkan KPU Bonbol melakukan perbaikan tatacara proses pengajuan pendaftaran calon anggota legislatif.

“Yaitu dengan mengembalikan kembali dokumen PKB. Menjalankan putusan ini paling lambat tiga hari sejak dibacakan,” ujar Fahri Kaluku membacakan putusan Bawaslu. Lebih lanjut Fahri Kaluku berharap, KPU Bonbol bisa menghormati dan menjalankan putusan Bawaslu. “Kami berharap keputusan ini segera ditindaklanjuti,” imbaunya.

Sementara itu Sekretaris DPW PKB Provinsi Gorontalo Amrullah Hasiru mengaku, sejak awal pihaknya berkeyakinan telah ada kesalahan prosedur yang dilakukan KPU. Hal itu dipahami karena para komisioner KPU Bone Bolango masih baru.

“Sehingga mereka masih perlu mengetahui cara menafsirkan aturan KPU,” ujar Amrullah. Mantan Ketua DPC PKB Bone Bolango itu menegaskan, PKB berharap putusan ini segera ditindaklanjuti.
“Saat ini PKB sudah siap untuk mengajukan berkas pendaftaran yang diminta KPU,” jelas Amrullah.

Terpisah, Ketua KPU Bonbol Adnan Berahim mengatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti putusan Bawaslu. Namun sebelum itu, KPU Bonbol akan bersurat ke KPU Provinsi dan KPU RI terkait putusan tersebut. “Kami akan berkonsultasi pula mengingat sudah tidak ada lagi tahapan pendaftaran bagi para Bacaleg,” ujar Adnan.(tr-59/hg)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar