Kamis, 2 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pendamping ‘Desa Ceria’ Diharap Dapat Mengurangi Masalah di Desa

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Senin, 8 November 2021 | 08:05 AM Tag: ,
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin saat memasang kartu peserta untuk rekrutmen pendamping Desa Ceria. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin berharap agar keberadaan pendamping ‘Desa Ceria’ dapat mengurangi masalah yang ada di desa. Ini juga kesempatan bagi pemerintah untuk memberdayakan sumber daya lokal. 

Perlu dijelaskan bahwa salah satu visi dan misi dari pemerintahan Indra Yasin dan Thariq Modanggu (IQRA) yakni pendamping Desa Ceria. Kini pendamping Desa Ceria telah menjalani seleksi di Aula Gerbang Emas, yang dibuka langsung oleh Indra Yasin. 

“Saya menaruh harapan kepada para pendamping Desa Ceria. Semoga dengan keberadaan mereka, persoalan yang ada di desa semakin sedikit atau tidak ada sama sekali,” kata Indra Yasin.

Kesempatan untuk menjadi pendamping desa ceria tersebut tentunya harus dapat dimanfaatkan dengan semaksimal oleh sumber daya lokal. Menurut Indra Yasin, ini ruang dibuka untuk para sumber daya lokal yang potensial, dalam rangka membangun dan memajukan daerah dengan berkontribusi menjadi pendamping Desa Ceria.

Mereka yang nantinya akan lolos menjadi pendamping Desa Ceria tersebut dapat mengidentifikasi persoalan-persoalan yang terjadi di desa. Terutama mengidentifikasi segala persoalan yang ada di setiap keluarga yang ada di desa.

“Misalnya, persoalan keluarga yang telah memiliki rumah sendiri, namun tidak ada jembatannya. Atau sudah ada rumah, namun lantainya masih alami atau tanah. Persoalan-persoalan seperti itulah yang harus dapat diidentifikasi oleh para pendamping yang ikut dalam seleksi ini,” kata Indra Yasin.

Dihadapan 60 peserta yang telah mendaftar untuk ikut seleksi, Indra Yasin menegaskan bahwa untuk awal ini baru 30 peserta yang akan diambil untuk diuji coba di 5 kecamatan. Mereka ini juga yang akan memantau masyarakat yang mana saja yang belum sama sekali tersentuh bantuan pemerintah daerah. Selain itu juga terhadap kebijakan yang akan dituangkan sebelum diturunkan kepada masyarakat dapat diputuskan oleh para pendamping Desa Ceria tersebut. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 15 times, 1 visits today)

Komentar