Senin, 28 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penegasan Hadijah Tayeb, BPD Wajib Kuasai Tupoksi

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo , pada Senin, 27 Juli 2020 | 04:05 WITA Tag: ,
  Sekda Kabupaten Gorontalo, Hadijah Tayeb saat menghadiri pelantikan BPD di Asparaga dan Tolangohula, Jumat (24/07/20). (Foto Istimewa/HUMAS)


Hargo.co.id, GORONTALO – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Hadijah Tayeb menegaskan bahwa seluruh anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk memahami tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) secara benar.

Hal ini ditegaskan Hadijah Tayeb, saat menghadiri pelantikan BPD di Kecamatan Asparaga dan Kecamatan Tolangohula. Hadijah Tayeb mengatakan, setelah pelantikan dan penyusunan kepengurusan, sangat penting bagi BPD untuk mempelajari semua tugasnya masing-masing. Agar tidak terjadi tabrak menabrak Tupoksi antara BPD dan Kepala Desa.

BACA  Terdampak Covid-19, Pekerja Komersial dapat Bantuan Pemprov Gorontalo

“Saya berharap kepada masing-masing BPD untuk menguasai Tupoksi, dan juga tugas pokok, dan fungsi kepala desa. Jadi semua tahu tugasnya, sehingga tidak saling berebut peran. BPD berperan sebagai BPD, kepala desa berperan sebagai kepala desa. Kalau begitu, semua perencanaan pembangunan di desa pasti akan baik,” tegas Hadijah Tayeb.

BACA  Blusukan di Kabila, Merlan Uloli Bantu Pemerintah Perangi Covid-19

Karena tidak sedikit kasus bentrokan antara Kades dan BPD karena Kurangnya pemahaman tentang tugas dan kewenangan kedua lembaga ini.

“Kalau mereka kuasai Tupoksi, dan berada pada rel (tugas) mereka, Insya Allah semua bisa bekerja dengan baik,” ujarnya.

Tak hanya itu, mantan Kepala Bappeda juga meminta BPD mengawal pemerintah Desa dengan baik. Bahkan dirinya meminta BPD tak sungkan melayangkan kritikan dan saran jika dibutuhkan.

BACA  Wakili Gubernur, Sekda Ikuti Rakorsus Penegakkan Hukum Pilkada 2020

“Jangan kritik-kritik tapi tidak ada solusi, makanya saya harapkan mereka mengkritik pemerintah desa asalkan ada solusi. Semua dimusyawarahkan maka pembangunan di desa akan baik,” tutur Hadijah Tayeb.

Sebagai informasi BPD yang dilantik sebanyak 82 orang dengan rincian, Kecamatan Asparaga sebanyak 26 dan Kecamatan Tolangohula sebanyak 56. (nat/adv/hg)


Komentar