Selasa, 24 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penelitian Buktikan Manfaat Kayu Manis Turunkan Gula Darah

Oleh Tirta Gufrianto , dalam LifeStyle , pada Rabu, 19 Agustus 2020 | 09:05 Tag: ,
  ILUSTRASI. Kayu manis dikatakan bermanfaat bagi penderita diabetes karena bisa meningkatkan sensitivitas insulin, sekaligus menurunkan kadar gula darah. (Healthline)

Hargo.co.id – Diabetes tipe 2 bisa dikendalikan dengan menjaga pola dan jenis makanan. Termasuk mengurangi makanan dan minuman manis. Selain itu, kadar gula darah juga bisa dikendalikan dengan menambahkan kayu manis dalam makanan atau minuman.

Dilansir dari JawaPos.com, kayu manis adalah bumbu pengganti bagi pasien diabetes untuk menambah rasa manis pada makanan mereka. Kayu manis dikatakan bisa meningkatkan sensitivitas insulin, sekaligus menurunkan kadar gula darah, menurut situs Diabetes.co.uk.

Apalagi tantangan saat ini, masyarakat juga dihadapkan pada ancaman kesehatan prediabetes. Kondisi ini membuat kadar gula darah lebih tinggi dari biasanya dan sering kali menyebabkan diabetes tipe 2. Maka peneliti mencoba efektivitas kayu manis untuk menurunkan kadar gula darah.

“Studi 12 minggu menunjukkan efek menguntungkan dari menambahkan kayu manis ke dalam makanan untuk menjaga kadar gula darah stabil pada peserta dengan pradiabetes,” kata penulis studi Giulio R. Romeo, MD, dari Joslin Diabetes Center di Boston seperti dilansir dari Science Daily, Senin (17/8).

“Temuan ini memberikan alasan untuk penelitian lanjutan apakah kayu manis dapat mengurangi risiko pengembangan diabetes tipe 2 dari waktu ke waktu,” katanya.

Uji klinis acak menyelidiki efek suplementasi kayu manis pada 51 peserta dengan pradiabetes. Peserta diberi kapsul kayu manis 500 mg atau plasebo tiga kali sehari selama 12 minggu.

Para peneliti menemukan bahwa suplemen kayu manis menurunkan kadar glukosa puasa yang tidak normal dan meningkatkan respons tubuh terhadap makan makanan yang mengandung karbohidrat. Kayu manis dapat ditoleransi dengan baik dan tidak punya efek samping.

Selain kayu manis, Anda bisa menurunkan risiko gejala diabetes dengan makan lebih banyak ikan.
Ikan kaya akan vitamin D terutama ikan berminyak yang membantu membentuk pelindung di sekitar kulit, mata, dan sistem saraf. (nas/mhv/jawapos/hg)

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com dengan judul: “Penelitian Buktikan Manfaat Kayu Manis Turunkan Gula Darah“. Pada edisi Senin, 17 Agustus 2020.
(Visited 7 times, 1 visits today)

Komentar