Kamis, 15 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penerimaan CPNS Tahun Ini Hanya Untuk Formasi Khusus

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Rabu, 26 April 2017 | 12:18 WITA Tag: , , , ,
  


GORONTALO Hargo.co.id – Pemerintah daerah (Pemda) di Gorontalo, sepertinya belum memanfaatkan peluang yang diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk segera merinci dan mengusulkan kebutuhan PNS di daerah. Pasalnya, kendati Kemenpan-RB memberikan peluang pengangkatan CPNS tahun ini, namun belum ada formasi CPNS yang masuk ke Kemenpan-RB.

Menpan-RB Asman Abnur ditemui Gorontalo Post disela kunjungan kerjanya ke Kabupaten Gorontalo, Selasa (25/4) mengatakan, penerimaan CPNS tidak dimoratorium, hanya saja sistemnya tidak lagi dilakukan besar-besaran seperti yang selama ini dilakukan. Pemerintah hanya melakukan penerimaan CPNS sesuai yang dibutuhkan daerah. Asman Abnur menegaskan, pemerintah daerah kini mendapat kesempatan untuk mengusulkan jumlah PNS yang dibutuhkan.

“PNS tidak moratorium, kita hanya tidak menerima lagi yang sifatnya masal. Yang akan kita terima adalah orang-orang yang punya keahlian khusus. Makanya dibuka formasi khusus,” kata Asman Abnur. Formasi khusus tersebut seperti guru, tenaga kesehatan termasuk dokter. Lebih lanjut mantan Anggota DPR-RI itu menjelaskan, penerimaan CPNS akan semakin dikurangi, dan lebih membuka peluang untuk sekolah kedinasan. Contohnya, untuk Sekolah Tinggi Administrasi Negara, kedepan lulusannya tak hanya mengisi kementerian keuangan saja, tetapi akan disebar ke pemerintah-pemerintah daerah.

BACA  Kaum Disabilitas di Gorontalo Dapat Perhatian Khusus dari Pemerintah

“Makanya kepada BKD, saya minta secara detail, kebutuhannya itu. Sehingga nanti setiap ASN yang kita terima itu bukan ASN yang punya kemampuan umum, tetapi ASN yang punya kemampuan khusus,”ujar Asman Abnur. Diakuinnya, saat ini porsi PNS yang ada di daerah didominasi tenaga administrasi, yang banyak pula ditempatkan tidak sesuai keahliannya.

BACA  Dosen UNG Tegaskan, Bahasa Atinggola Bukan Dialek

Ini membuat kinerja pemerintah tak meningkat dan cenderung stagnan. Sementara itu untuk kuota CPNS yang dibuka tahun ini masih belum dipastikan. Dirinya juga belum memastikan berapa kuota yang akan diterima Provinsi Gorontalo. “Ini (kuota) tergantung pemerintahnya, kita akan mengangkat sesuai yang diusulkan daerah,” tegasnya.

Selain itu KememPAN-RB kini kata Asman Abnur akan lebih fokus melakukan perbaikan akuntabilitas kinerja pemerintah. Penggunaan anggaran harus berbasis kinerja, yang konsentrasinya berdasarkan Out Come. Sehingga tidak ada lagi anggaran siluman di APBD. Atau kegiatan yang hanya berfokus pada penyerapan anggaran bukan pada manfaatnya.

Pelayanan publik juga mendapat perhatian khusus, saat ini pelayanan pemerintah tegas Asman tak boleh kalah dengan pelayanan yang dilakukan pihak swasta. Pelayanan yang ramah, nyaman, dan aman harus didapatkan masyarakat. “Kita harapkan nanti tidak ada lagi perbedaan pelayanan pemerintahan dengan Bank, standar saya adalah bank. Sehingga nanti yang mengurus hak masyarakat bisa terlayani dengan baik,” tambahnya.

BACA  Pemprov Gorontalo Gelar Adat Tonggeyamo Penetapan 1 Ramadan 1442 Hijriah

Jika pelayanan publik sudah dibenahi, maka dikatakan Asman Abnur perbaikan manajemen dilakukan, pihaknya akan meningkatkan mutu ASN. Setiap ASN wajib mengikuti pelatihan minumin 20 jam.

Sehingga semuanya bisa fokus. Karena itulah guna peningkatan pelayan publik, saat ini MenPAN-RB tengah merancang inovasi baru, yakni membuat Mall Pelayanan Publik atau pelayanan yang terpusat di satu tempat.

Laman: 1 2


Komentar