Friday, 24 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penertiban Galian C Terbentur Kebutuhan Masyarakat

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Saturday, 11 September 2021 | 12:05 PM Tags: ,
  Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ilyas Lagarusu

Hargo.co.id, GORONTALO – Penertiban galian C yang ada di Gorontalo Utara (Gorut) terbentur dengan kebutuhan rakyat. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gorontalo Utara, Ilyas Lagarusu saat berbincang dengan beberapa awak media di ruang kerjanya, Kamis (9/9) kemarin.

Yang menjadi topik perbincangan pada saat itu terkait dengan keberadaan galian C jenis pasir yang berada di beberapa desa di Gorontalo Utara yang sempat juga membuat polemik di masyarakat. 

Terhadap persoalan galian C tersebut, Ilyas menegaskan bahwa pihaknya telah turun langsung kelapangan dan berdialog dengan pihak-pihak terkait termasuk pemerintah kecamatan dan juga pemerintah desa. 

“Istilahnya musyawarah terkait dengan keberadaan galian pasir yang ada di desa seperti di Desa Buloila Kecamatan Sumalata yang dimanfaatkan oleh masyarakat,” jelasnya.

Ilyas menegaskan jika pihaknya bertindak tegas, maka kepentingan masyarakat terkait dengan kebutuhan pembangunan mereka akan terkendala. 

“Apalagi di tengah kondisi pandemi yang ada saat ini yang tentunya dari sisi ekonomi sangat terganggu, dan ketika masyarakat membeli pasir dari tempat lain harganya pasti akan melonjak,” tegas Ilyas.

Selain itu juga ada banyak kebutuhan pembangunan yang tersebar di setiap kecamatan yang ada di Gorontalo Utara. 

“Pembangunan tersebut harus berlangsung dengan maksimal, dan salah satu kebutuhannya adalah material pasir yang diambil dari desa,” jelasnya.

Untuk kepentingan lingkungan, maka dihasilkan melalui musyawarah titik lokasi yang diperbolehkan untuk diambil dengan berbagai pertimbangan termasuk lingkungan. 

“Selain itu juga harus ada retribusi yang harus dibayarkan ke desa,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 18 times, 1 visits today)

Komentar