Wednesday, 28 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pengamat Politik Sebut Ada 3 Kelompok Akan Bertarung di Pilpres 2024

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara Kabar Politik , pada Wednesday, 9 June 2021 | 14:05 PM Tags:
  Ilustrasi, warga menggunakan hak pilih di Pemilu. (Foto: AJI STYAWAN/ANTARA)

Hargo.co.id, JAKARTA – Pengamat politik Saiful Huda Ems menyebut ada beberapa poin mengenai klasifikasi figur yang akan muncul pada Pilpres 2024, ditinjau dari sisi ideologi.

Pertama, kata alumnus Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur itu kelompok Nasionalis Religius.

Golongan pertama itu, lanjut Huda, sebuah ideologi politik yang berciri khas memadukan antara unsur-unsur kebangsaan dan keagamaan.

“Di bagian kelompok Nasionalis Religius ini ada sejumlah nama yang berbanding lurus dengan model atau karakter Presiden Joko Widodo yakni Moeldoko, Ganjar Pranowo, dan Airlangga Hartarto,” kata dia dalam keterangan pers, Rabu (9/6).

Selanjutnya, Capres 2024 dari kelompok Nasionalis Abangan.

Huda memaknai klaster itu sebagai pemilik ideologi politik yang memadukan antara unsur-unsur nasionalisme dan kepercayaan.

“Kelompok Islam Abangan ada figur seperti Prabowo, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Puan Maharani,” tutur dia.

Terakhir, kata Ketum Harimau Perubahan itu, Capres 2024 dari kelompok Islam Politik. Dia memaknai klaster ini sebagai pemilik ideologi politik yang menjadikan agama sebagai jargon meraih kepentingan.

“Kelompok Islam Politik ada figur seperti Anies Baswedan dan Ridwan Kamil,” ujar dia.

Dari pengelompokan ideologi dan figur-figur politik yang tergolong di dalamnya itu, Huda menilai tiga kekuatan besar itu yang akan bertarung di Pilpres 2024 kelak.

“Namun, yang menjadi persoalan kemudian, bagaimana dengan kans para figur tersebut untuk memenangkan pertarungan di Pilpres 2024,” beber dia. (ast/jpnn/hargo)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Pengamat Sebut Ada 3 Kelompok Akan Bertarung di Pilpres 2024“. Pada edisi Rabu, 09 Juni 2021.
(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar