Sabtu, 2 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pengawasan Inspektorat Harus Mulai dari Awal 

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Kamis, 26 Mei 2022 | 04:05 Tag: , ,
  Ketua Komisi III DPRD Gorontalo Utara, Aryati Polapa

Hargo.co.id, GORONTALO – Sebagai auditor internal, Inspektorat Gorontalo Utara (Gorut) diharapkan untuk dapat melakukan pengawasan tidak hanya pada akhir program saja. Namun, Inspektorat harus melakukan pendampingan mulai dari awal hingga akhir program. 

Penegasan ini disampaikan Anggota DPRD Gorontalo Utara, Ariyati Polapa yang juga selaku anggota Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati 2021. 

“Inspektorat itu kan auditor internal. Oleh karena itu, pendamping inspektorat jangan nanti di akhir. Harus hadir sejak awal program dimulai,” kata Ariyati Polapa usai pembahasan Pansus LKPJ, Senin (23/05/2022).

Untuk pendampingan juga, kata Ariyati Polapa, bukan saja dilakukan hanya untuk Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM), namun kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan kerja Pemerintah Daerah (Pemda) Gorontalo Utara. 

Masih pada kesempatan yang sama, Ariyati Polapa menambahkan, dalam pengawasan bukan menutup-nutupi kekeliruan tapi meminimalisir kekeliruan. Untuk itu, kata Ariyati Polapa, pendampingan nanti harus dimulai dari perencanaan, penatausahaan, pelaporan, hingga pertanggungjawaban itu harus didampingi. 

“Jangan nanti ending. Kesannya justru menimbulkan anggapan jika itu dijebak karena hadir saat dipertanggungjawabkan. Sementara yang paling berpotensi korupsi itu di perencanaan,” tegas Aleg PDIP.

Tak hanya itu saja, kata Ariyati  Polapa, terhadap regulasi juga harus diperjelas, terutama untuk regulasi terhadap pedoman pelaksanaan tahapan. 

“Nah regulasi apa saja yang menjadi pedoman dalam melaksanakan tahapan-tahapan itu harus diperjelas. Oleh karena itu perencanaan penting sekali perencanaan dari awal dan tidak hanya dari awal, seluruh OPD yang ada di daerah,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 20 times, 1 visits today)

Komentar