Senin, 25 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pengawasan Perlu Wujudkan Pilkada Berkualitas

Oleh Deice Pomalingo , dalam Bawaslu , pada Kamis, 29 Oktober 2020 | 09:05 WITA Tag:
  Suasana pelaksanaan sosialisasi yang diilaksanakan di Grand Quality


Hargo.co.id, GORONTALO – Mewujudkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang baik tentunya perlu pengawasan dan dan partisipasi bukan saja dari bawaslu saja tetapi juga dari partisipasi warga.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Gorontalo Wahyudin Akili saat membuka kegiatan sosialisasi pengawasan di Grand Quality Hotel, Rabu (28/10/2020) Wahyudin mengatakan, demi perbaikan kualitas pengawasan untuk Pilkada 2020, Bawaslu membutuhkan saran atau masukkan dari para pihak, kita tahu bersama bahwa tahapan kampanye ini yang diselenggarakan ditengah pandemi memang masih menyisahkan beberapa problem di lapangan itu ditandai dengan masih munculnya beberapa pertanyaan dari pasangan calon ataupun tim kampanye kepada kami penyelenggara pemilu baik KPU maupun BAWASLU.

BACA  Bawaslu Kabgor Akui Rakernis Sudah Terapkan Protokol Kesehatan

“Sehingga butuh satu pemahaman kesamaan persepsi terkait teknis di lapangan, ada KPU yang mengatur teknisnya ada kami yang mengawasi,” jelas Wahyudin.

BACA  Acara Bawaslu di Gorontalo Dibubarkan Polisi

Sementara itu Kepala Sekretariat Rahmat A. Djakaria, S.IP dalam laporannya mengatakan, kegiatan sosialisasi yang dibuka langsung Ketua Bawaslu Kabupaten Gorontalo, Wahyudin M. Akili,SE ini diikuti sebanyak 40 orang perserta perwakilan organisasi masyarakat, organisasi mahasiswa, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan. turut dihadiri Anggota Bawaslu Moh. Fadjri Arsyad, S.Pd.,MH. dan Alexander Kaaba, ST.

“Dalam rangka mewujudkan pelaksanaan Pilkada 2020 berlangsung aman dan berkualitas merupakan tanggung jawab dan kewajiban semua pihak, utamanya peran organisasi masyarakat, organisasi mahasiswa, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan,” ungkap Rahmat.

BACA  Acara Bawaslu di Gorontalo Dibubarkan Polisi

Ia juga berharap peran aktif organisasi masyarakat, organisasi mahasiswa, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan dapat meningkatkan angka partisipatif masyarakat dalam melakukan pengawasan proses demokrasi kearah lebih baik. (wie/hg)


Komentar