Senin, 12 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pengelolaan Keuangan Diminta Transparan, Akuntabel dan Sustainable

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Sabtu, 20 Maret 2021 | 14:05 WITA Tag:
  Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu (ketiga dari kiri) saat hadir pada penutupan Bimtek SIA-BUMDes, Kamis (18/03/2021) di Kota Gorontalo. (Foto: Istimewah)


Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, meminta agar pengelolaan keuangan transparan, akuntabel dan sustainable. Ini ditujukan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), agar kedepan tata kelola keuangan lebih bagus.

“Dengan adanya Sistem Informasi Akuntansi Badan Usaha Milik Desa (SIA-BUMDes) diharap pengelolaan keuangan lebih profesional serta transparan, akuntable serta sustainable dengan adanya,” kata Thariq Modanggu saat menutup rangkaian kegiatan Bimtek, Kamis (18/03/2021).

BACA  Image TPA Harus Jauh dari Kesan Kumuh dan Busuk

Pada kesempatan tersebut, Thariq Modanggu menegaskan, ilmu yang diperoleh selama pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) tersebut diharapkan dapat diaplikasikan ketika kembali ke desa masing-masing baik itu untuk pengelolaan BUMDes maupun pendamping desa.

“Tentunya ini sebuah ilmu yang sangat penting yang diperoleh dan setibanya di desa, diharapkan olmu yang diperoleh ini dapat diaplikasikan dengan maksimal,” kata Thariq Modanggu.

BACA  BPK Segera Lakukan Audit, OPD di Gorontalo Utara Diminta Siapkan Dokumen

Apalagi ilmu yang diperoleh tersebut turut ditunjang dengan aplikasi yang telah tersedia. Sehingga ketika ini diwujudkan nantinya dalam pengelolaan keuangan BUMDes akan lebih baik lagi, lebih akuntable, tranparan dan sustainable.

“Sehingga keberadaan BUMDes dengan dana yang dikelola didalamnya dapat lebih bermanfaat dalam rangka membangun desa,” tegasnya.

Di sisi lain, Thariq Modanggu juga mengapresiasi perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, karena apa yang dilakukan tersebut dalam rangka mengawal penggunaan anggaran negara.

BACA  Indra Yasin Optimis Gorontalo Utara Raih APE

“Sikap proaktif dari BPKP ini tentu sangat diapresiasi oleh pemerintah Gorut dalam rangka mengawal penggunaan anggaran negara di daerah,” ujarnya.

Kegiatan Bimtek tersebut diikuti oleh 20 BUMDes yang ada di Kabupaten Gorut serta 5 pendamping desa di Meeting Room Hotel Milinov Kota Gorontalo. (abk/adv/hargo)


Komentar