Jumat, 26 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pengelolaan Pulau Saronde Merupakan Ranah Eksekutif

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Selasa, 16 November 2021 | 16:05 PM Tag: , , ,
  Wakil Ketua DPRD Gorut, Hamzah Sidik

Hargo.co.id, GORONTALO – Terkait dengan teknis kerjasama pengelolaan Pulau Saronde, tidak ada sangkut pautnya dengan DPRD Gorontalo Utara (Gorut). Pada prinsipnya DPRD sesuai dengan regulasi hanya memberikan persetujuannya saja.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik saat dimintai keterangannya terkait dengan kejelasan dari kerjasama pengelolaan Pulau Saronde pada Senin (15/11/20210).

Hamzah Sidik menjelaskan bahwa untuk saat ini prosesnya sudah pada tingkatan Perjanjian Kerjasama (PKS). 

“Sudah tidak ada urusan lagi dengan kita yang ada di legislatif. Urusannya ada disebelah di eksekutif,” tegasnya.

Untuk tahapan, Hamzah Sidik menjelaskan yang pertama yakni Memorandum of Understanding (MoU) itu ada di tingkat eksekutif dan itu juga telah dilakukan. 

“Setelahnya naik ke tahapan persetujuan dari kami yang ada di legislatif sesuai dengan regulasi yang mengaturnya” jelas Hamzah Sidik.

Terhadap persetujuan tersebut oleh DPRD Gorontalo Utara itu telah dilakukan. Sebelum disetujui, dilakukan dulu pengkajian atas dasar-dasar kerjasama yang telah dilakukan sebelumnya tersebut. 

“Dan kami melihat bahwa tidak ada yang salah dengan MoU yang telah ditandatangani tersebut dan daerah akan diuntungkan dengan kerjasama yang akan dilakukan tersebut,” ujarnya.

Atas dasar kajian dan lainnya yang telah dilakukan tersebut, maka pihak DPRD Gorontalo Utara, kata Hamzah Sidik, kemudian melaksanakan paripurna dalam rangka persetujuan DPRD Gorontalo Utara atas dilakukannya kerjasama dalam rangka pengelolaan Pulau Saronde. 

“Untuk selanjutnya setelah persetujuan tersebut tentu Perjanjian Kerjasama (PKS) dan lagi-lagi ranahnya itu ada di eksekutif. Silahkan saja cari tau di eksekutif sudah sampai dimana prosesnya,” tandas Hamzah Sidik. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 8 times, 1 visits today)

Komentar