Minggu, 18 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pengembangan Pariwisata Gorontalo Utara Harus Lintas Sektoral

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Sabtu, 27 Februari 2021 | 06:18 WITA Tag: , ,
  Ketua Komisi I DPRD Gorontalo Utara, Rina Polapa


Hargo.co.id, GORONTALO – Terkait dengan potensi wisata yang ada di daerah, Ketua Komisi I DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Rina Polapa berharap ada sinergitas yang terbangun antar seluruh elemen. Tak hanya sesama instansi pemerintah, namun juga lintas sektoral.

Ini diutarakan Rina Polapa dengan melihat bahwa Gorontalo Utara memiliki potensi wisata yang menjanjikan. Terutama potensi alamnya, baik daratan maupun perairan laut.

BACA  Rina Polapa Dukung Rencana Pengkajian Bahasa Atinggola

“Yang baru teresksplorasi untuk potensi wisata, hanya beberapa saja seperti Pulau Saronde, Mohinggito, Duyonumo, Botudidingga dan beberapa lainnya,” ungkapnya.

Sementara untuk potensi lainnya, yang tersebar pada 11 kecamatan, belum semua yang terpublikasi.

“Masih banyak lagi potensi wisata seperti air terjun dan bahkan potensi wisata yang berupa peninggalan bersejarah atau situs budaya masih belum dapat diberdayakan secara maksimal untuk pariwisata,” kata Rina Polapa.

BACA  Penuhi Semua Syarat, DPRD Dukung Belajar Tatap Muka 

Selain itu, ada yang dulunya memiliki daya tarik pariwisata, kini seakan tak dilirik lagi. Padahal, itu bagian dari peninggalan sejarah perjuangan, seperti Benteng Orange yang saat ini seakan terlupakan.

“Bagaimana instansi teknis terkait dapat membuat satu terobosan ataupun berupa perencanaan yang berkelanjutan untuk menghidupkan dunia wisata daerah agar menjadi satu sektor yang dapat mempengaruhi dari sisi perekonomian daerah,” tegasnya.

BACA  Mekanisme Pembuatan Ranperda Perlu Dioptimalkan

Memang Gorontalo Utara, kata Rina Polapa, masih merupakan daerah yang baru. Namun tidak ada salahnya jika mencontoh dari daerah lain yang masyarakatnya banyak mengandalkan sumber ekonomi mereka dari aktivitas atau sektor wisata.

“Terhadap sektor wisata ini harus ada perencanaan yang matang karena ada beberapa lokasi wisata yang akan menjadi ikon Provinsi Gorontalo,” kuncinya. (abk/adv/hg)


Komentar