Tuesday, 21 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penggunaan Hak Angket Bukan Sebatas Wacana

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Tuesday, 18 May 2021 | 04:05 AM Tags: , , ,
  Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik

Hargo.co.id, GORONTALO – Isu bahwa DPRD Gorontalo Utara (Gorut) akan menggunakan Hak Angket, ternyata bukan hanya sebatas wacana. Isu yang mulai merebak sejak beberapa pekan lalu itu, sesuai rencana akan digelar paripurna pengusulan pada hari ini, Selasa (18/05/2021). 

Informasi yang berhasil dihimpun, DPRD) Gorontalo Utara akan menggelar rapat paripurna internal terkait dengan pengusulan penggunaan Hak Angket. Ini sebagaimana yang disampaikan Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik usai pelaksanaan rapat Badan Musyawarah (Banmus), Senin (17/05/2021). 

 Hamzah Sidik menegaskan bahwa penetapan waktu pelaksanaan rapat paripurna pengusulan penggunaan Hak Angket tersebut telah melalui rapat Banmus. 

“Hasil rapat Banmus tersebut, maka ditetapkan untuk pelaksanaan rapat paripurna internal usulan penggunaan Hak Angket dilaksanakan pada Selasa, 18 Mei 2021, pukul 14.00 Wita,” terang Hamzah Sidik.

Lanjut katanya, penetapan terhadap waktu pelaksanaan rapat paripurna tersebut tidak terlepas dari persyaratan atas pengajuan penggunaan Hak Angket. Usulan penggunaan Hak Angket telah memenuhi persyaratan serta aturan dan ketentuan yang berlaku. 

“Dilihat dari persyaratan dalam usulan penggunaan Hak Angket, telah sesuai dengan persyaratan yang telah diatur sesuai dengan regulasi yang ada,” tegasnya.

Dalam rapat paripurna internal tersebut, nantinya juga akan ada sikap dari masing-masing fraksi yang ada di DPRD Gorontalo Utara terhadap usulan penggunaan hak angket tersebut.

“Kita akan lihat nanti sikap dari masing-masing fraksi melalui pandangan umum fraksi yang akan mereka sampaikan dalam rapat paripurna nanti,” ujar Hamzah Sidik.

Di sisi lain, memang usulan penggunaan hak angket ini telah lama disampaikan dan terus bergulir. Memang waktunya cukup lama dari sejak disuarakan di tingkat lembaga, kemudian proses administrasinya berjalan sesuai dengan mekanisme yang ada. Sampai pada akhirnya penetapan pelaksanaan rapat paripurna internal terkait dengan hak angket ini. (abk/adv/hargo)

(Visited 7 times, 1 visits today)

Komentar