Rabu, 1 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Indahnya Pesona Alam Tanjung Kramat

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi , pada Senin, 20 Februari 2017 | 11:05 AM Tag: , , ,
  

KOTA – Provinsi Gorontalo- hargo.co.id – memiliki surga kekayaan alam laut. Salah satunnya kekayaan alam laut yang menyimpan pesona alam yang sungguh eksotik adalah tanjung Kramat. Seperti diketahui Tanjung kramat adalah sebuah kelurahan yang terletak di Ujung Kota Gorontalo, berbatasan langsung dengan Kabupaten Gorontalo. Tanjung Kramat bisa jadi pilihan yang tepat yang menawarkan keindahan alam matahari terbenam/sunset.

Dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dari Pusat Kota, tempat ini bisa menjadi Primadona Kota Gorontalo. Rute ke TK (Tanjung Kramat) bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat (Mobil) dan roda dua (Motor). Dengan jarak tempuh sekitar 15 – 20 menit anda dapat mencapai sebuah tempat yang indah dengan pemandangan alam terbuka dan mempesona untuk menikmati indahnya Matahari terbenam.

Tanpa kita sadari daerah tersebut menyimpan rahasia lukisan Tuhan yang begitu indah dipandang mata dan mungkin tak bisa kita jumpai di tempat lain. Tanpa rencana, ketika melewati kawasan desa tanjung kramat tesebut kita bisa melihat View yang begitu indah dan tak mungkin saya sia-siakan sebagai orang yang mencintai dunia Fotografi.

Namun, sayang lokasi tersebut seakan tidak terawat dan kurang mendapatkan perhatian. Apakah mungkin hal ini dikarenakan pemerintah setempat belum menyadari potensi pariwisata di daerahnya sendiri atau sengaja menutup mata. Sebagian besar warga kampung Tanjung Keramat bermata pencarian sebagai nelayan dan sisanya adalah pegawai negeri sipil.

Jalanan di daerah ini berkelok-kelok agar para pengendara kendaraan bermotor untuk berhati-hati dan jaga konsentrasi mengemudi. “Saya salut dengan keindahan panorama alam di tanjug Kramat ini,”kata Rahman Kasim salah seorang warga yang berkunjung ke Tanjung Kramat,kemarin.

Perairan laut di Tanjung Keramat terbilang surga yang menjanjikan. Selain luas wilayahnya, arus air dan ombak laut di Tanjung Keramat sungguh tenang dan tentram. Laut berkesan bersahabat, selalu dekat dihati warga Tanjung Keramat, membawa berkat. Tidak percaya, kunjungi saja lokasi ini.

Mudah untuk menjangkau ke daerah nelayan ini karena sudah ditunjang oleh jalanan yang beraspal meski medan jalan yang ditempuh itu berkelok-kelok, naik-turun dan terdapat jurang terjal. Tanjung Keramat dahulunya tidak masuk dalam kelurahan tersendiri, tetapi masuk dalam wilayah Kelurahan Pohe.

Karena gairah otonomi daerah, terjadi pemekaran, maka Tanjung Keramat kini berdiri sendiri menjadi sebuah kelurahan di Kecamatan Hulonthalangi. Kampung nelayan ini memiliki nama jalan yakni Jalan Batu Jajar.

Kampung ini berada di daratan rendah mendekap erat dengan pesisir laut.
Karena itu, dari lokasi jalan utama, kita harus menuruni jalan ke bawah, yang telah dipadati penuh rumah penduduk.

Tempat yang satu ini memang banyak diminati oleh kaula muda di Gorontalo sendiri. So, bagi yang ingin menikmati indahnya suasana di sore hari, Tanjung Kramat adalah Tempat tujuan yang tepat. (roy/hg)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar