Rabu, 6 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pengusaha Rumah Makan Abaikan Lahan Parkir

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 1 September 2016 | 14:40 Tag: ,
  

Hargo.co.id GORONTALO – Pemerintah Kota Gorontalo nampaknya harus lebih memperketat pemberian izin usaha, khususnya untuk usaha rumah makan. Pasalnya, sebagaimana pantauan Gorontalo Post, hingga saat ini, masih banyak pengusaha rumah makan di Kota Gorontalo yang tidak menyediakan lahan parkir yang luas bahkan ada yang sama sekali tidak memiliki lahan parkir.

Diantaranya rumah makan yang berjejer di Jalan Panjaitan, Jalan HB Jassin dan sejumlah wilayah lainnya. Kurang lebih ada 8 rumah makan di kawasan tersebut memanfaatkan bahu jalan sebagai tempat parkir kendaraan roda dua dan roda empat. Pantauan di lapangan, rata-rata setiap 5-10 menit, motor yang mampir ke rumah makan dan memarkir di bahu jalan sebanyak 5-7 kendaraan, sementara mobil sebanyak 3-5 unit.

Hal ini pun dinilai akan menyebabkan kemacetan di ruas jalan tersebut. Di sisi lain, meski tidak memiliki lahan parkir, para pemilik rumah makan mengaku, omset yang mereka raup cukup besar. Artinya, warga tetap merasa nyaman meski makan di rumah makan yang tidak menyiapkan tempat parkir.

“Memang seharusnya rumah makan itu ada fasilitas lahan parkir yang luas, supaya kendaraan pelanggan aman,” kata Dedi, salah seorang warga.

Sementara itu, Jamil, salah seorang pengusaha rumah makan mengakui, saat ini, tempat parkir sering kali diabaikan pengusaha. “Karena mungkin di wilayah perkotaan, jadi lahan sempit, tetapi ini tetap jadi perhatian kami pengusaha,” ujarnya.(dan/hargo)

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar