Jumat, 25 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penilaian SAKIP 2019, Boalemo Tembus Nilai B

Oleh Sunarto Nusi , dalam Advertorial Kab. Boalemo , pada Selasa, 25 Februari 2020 | 21:05 WITA Tag:
  Bupati Boalemo Hi. Darwis Moridu (kedua dari kanan) sesaat sebelum menerima penghargaan prestasi SAKIP dengan predikat nilai B 2019 oleh Menpan-RB, Tjahjo Kumulo di Ballroom Hotel Tentram, Jogyakarta, Senin (24/02/2020). (Foto Istimewa/Humas Boalemo)


Hargo.co.id, GORONTALO – Kabupaten Boalemo terus mengalami kemajuan pesat di tangan Bupati Boalemo Hi. Darwis Moridu. Setelah sukses menurunkan angka kemiskinan dua tahun terakhir, kembali berhasil mempersembahkan prestasi atas penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat nilai B tahun 2019 oleh Kemenpan-RB.

Predikat SAKIP nilai B ini pun diterima Bupati Darwis Moridu langsung dari Menpan-RB, Tjahjo Kumolo bertempat di Ballroom Hotel Tentrem, Yogyakarta, Senin (24/02/2020). Ia didampingi langsung, Sekda Boalemo Husain Etango bersama Kepala Bapppeda Boalemo Ir. Rusdin Aminu MM.

Berkaitan penilaian SAKIP oleh Kemenpan-RB, sebelumnya Kabupaten Boalemo tercatat paling memprihatinkan dengan nilai C. Begitu pemerintahan Darwis-Anas (DAMAI) dimulai 2017, predikat SAKIP pun perlahan naik level CC. Meski di tahun 2018 hanya naik dari segi angka penilaian saja.

BACA  2021, Jalan di Pulau Ponelo Harus Dibangun

Namun, pada tahun 2019 justru Bupati Darwis Moridu kembali sukses menaikkan angka penilaian mencapai 61,86 atau dengan predikat SAKIP dengan nilai B dari Kemenpan-RB. Bagi Bupati Boalemo Darwis Moridu, nilai B tentu belumlah cukup.

Buktinya, kader PDI-P itu kembali mematok target lebih untuk 2020 ini. Bahkan, ia pun memerintahkan Sekda Boalemo Husain Etango bersama sejumlah pimpinan OPD mengefektifkan waktu selama di Jogyakarta agar belajar dan berguru di kabupaten/kota di Yogyakarta sukses menerima predikat BB dan nilai A.

BACA  Berikut Data Kerugian dan Korban Banjir di Bulawa

“Tahun 2020 ini, target SAKIP Kabupaten Boalemo diupayakan tembus nilai BB. Kalau perlu pada tahun 2022 atau akhir jabatan pemerintahan Darwis-Anas (DAMAI), SAKIP sudah berhasil menempati minimal nilai A,” ucap Bupati Darwis Moridu seraya mengaku, keberhasilan SAKIP nilai B merupakan buah kerja keras semua OPD dan dukungan seluruh komponen masyarakat di Boalemo.

Sementara itu, Sekda Boalemo Husain Etango bersama Kepala Bapppeda Rusdin Aminu mengaku sendang menjalani instruksi Bupati Darwis Moridu guna memanfaatkan waktu studi pendalaman di sejumlah daerah kabupaten dan kota peraih predikat SAKIP A di Yogyakarta. Di mana, hasil pendalaman itu kembali diimplementasikan di Bumi Boalemo dengan target mengejar minimal nilai BB.

BACA  Dari Pertemuan Wagub dengan BPS, Sensus Penduduk Jilid II Segera Digelar

“Kami optimis untuk 2020 ini, penilaian SAKIP kembali naik minimal di level BB. Karena pastinya, penilaian SAKIP dengan predikat B untuk Pemkab Boalemo sudah baik dengan tingkat efektivitas dan efisiensi anggaran yang tepat dan prosedural,” tambah Sekda Husain Etango. (nrt/adv/hg)


Komentar