Selasa, 30 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penjabup Boalemo, Yusuf Giasi Geser Adrian Lahay?

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Jumat, 10 Februari 2017 | 12:46 PM Tag: , , , , ,
  

GORONTALO Hargo.co.id – Teka-teki siapa figur yang akan dipercaya menduduki posisi Penjabat Bupati (Penjabup) Boalemo akan terjawab hari ini, (10/2). Kemarin, pemerintah Provinsi Gorontalo telah menggelar rapat tertutup menyangkut hal ini. Hasil kesepakatan dalam rapat telah memutuskan posisi penjabat bupati Boalemo.

Sebagaimana diketahui, ada tiga figur yang telah diusulkan pemerintah Provinsi Gorontalo untuk menduduki posisi bergengsi tersebut. Diantaranya adalah Adrian Lahay yang kini menjabat Pelaksana tugas (Plt) Bupati Boalemo. Ada pun dua pejabat yang membayang-bayangi Adrian Lahay masing-masing Yusuf Giasi yang kini menjabat Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo dan Kepala Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo Abdul Haris Haju. Ketiga figur tersebut diusulkan ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendargri) sebagai calon Penjabup Boalemo setelah melalui pertimbangan khusus oleh Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

Sementara itu, sejalan dengan kabar pelantikan, figur yang nantinya akan dilantik hingga tadi malam masih simpang siur. Gorontalo Post yang coba melakukan penelusuran mendapatkan informasi dua versi. Kabar pertama menyebutkan jika Adrian Lahay gagal meraih kursi Penjabat Bupati. Artinya, Adrian kembali ditarik ke Pemprov sebagai kepala Badan Kesbangpol Provinsi Gorontalo. Sementara, poisi penjabat Bupati Boalemo dikabarkan diisi Yusuf Giasi, mantan Wakil Bupati Pohuwato yang kini menjabat Kadis Pangan Provinsi Gorontalo. “Kabarnya begitu, pak Yusuf Giasi,”ujar salah satu pejabat teras di lingkungan Pemprov Gorontalo, kemarin. Namun versi lainnya menyebutkan, jabatan Penjabup Boalemo tetap dipegang Adrian Lahay. “Saya dengarnya tetap pak Adrian,”kata salah seorang pegawai Pemprov, semalam.

Penjabat Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrulloh yang dikonfirmasi Gorontalo Post (grup Hargo.co.id) tadi malam tidak memberikan kabar pasti. Begitu juga dengan Kepala Biro (Karo) Pemerintahan Slamet K. Bakri. Hanya saja baik Zudan Arif maupun Slamet Bakri, belum lama ini memastikan bahwa pelaksanaan pelantikan Penjabup Boalemo akan digelar pekan ini.

Asisten I Setda Provinsi Gorontalo Anis Naki yang dihubungi Gorontalo Post tadi malam mengatakan, pelantikan Penjabat Bupati Boalemo memang akan digelar hari ini (10/2). Keputusan itu diambil setelah melalui rapat tertutup. Pemerintah dengan berbagai pertimbangan telah mengambil keputusan untuk segera melangsungkannya. Hanya saja, Pemprov tetap masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Kemendagri yang hingga tadi malam sekira pukul 22.00 Wita, menurut Anis Naki belum tiba di Gorontalo, kendati telah diterbitkan Kemendagri. “SK dari Kemendagri katanya sudah ada. Tapi kita belum pegang. Saat ini kita masih menunuggu. Jika SK sudah Kemndagri esok (hari ini,red) pelantikan jadi digelar,” ungkapnya.

Ketika ditanya soal pejabat yang bakal dilantik ? Anis Naki enggan membocorkannya. Ia beralasan informasi tersebut belum bisa disampaikan karena SK dari Kemendagri belum sampai ke tangan Pemprov Gorontalo. “Yang pasti kita sudah buat perencanaan pelantikan itu esok (hari ini,red) di provinsi. Itu dulu,” jelasnya. Sementara itu, dari Boalemo, Plt Bupati Adrian Lahay dijadualkan masih memiliki agenda pemerintahan di daerah. Dihubungi terpisah, Adrian mengaku belum mengetahui adanya informasi pelantikan Penjabat Bupati. (and/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar